KNDS Prancis-Jerman meluncurkan EuroPULS GTF 8X8 MLRS untuk menyaingi M142 HIMARS Amerika Serikat

EuroPULSKNDS

AIRSPACE REVIEW – Perusahaan patungan Prancis-Jerman KNDS, bersiap untuk menantang dominasi M142 HIMARS MLRS (Multiple Launch Rocket System) Amerika Serikat dengan diperkenalkannya EuroPULS GTF 8X8.

Sistem peluncur roket multilaras canggih ini menjanjikan dukungan logistik yang tak tertandingi melalui platform mobilitas pilihan pelanggan, menawarkan fleksibilitas daya tembak tertinggi dengan beragam efektor, baik yang lama maupun yang akan datang.

EuroPULS memiliki jangkauan tembak efektif yang mengesankan hingga 300 km, menjadikannya salah satu sistem paling ampuh di kategorinya.

Sistem ini dapat menembakkan 12 roket dalam waktu sekitar 60 detik, menyerang target dengan azimuth lebih besar dari 180°, memungkinkan tiga arah tembakan berbeda.

Dilengkapi dengan kemampuan pasokan ulang otonom yang dilengkapi derek di dalamnya, memastikan operasi berkelanjutan tanpa memerlukan dukungan eksternal.

EuroPULS GTF 8X8 memiliki bobot tempur kurang dari 38,0 ton, ditenagai mesin diesel berdaya 500 HP. Dapat mencapai kecepatan maksimum 90 km/jam di jalan raya dan memiliki jangkauan operasi melebihi 750 km.

Dioperasikan oleh tiga awak tentara yang ditempatkan di kabin terlindungi, EuroPULS memberikan perlindungan tingkat tinggi untuk keselamatan kru di lapangan.

EuroPULS tidak terbatas pada satu platform kendaraan saja, tapi dengan pilihan berbagai platform beroda ban, termasuk buatan BAE Inggris, IVECO Italia, Scania Swedia, dan Tatra Ceko.

Sistem ini juga kompatibel dengan rudal canggih seperti Kongsberg NSM dengan jangkauan tembak hingga 250 km, dan MBDA JFSM.dengan jangkauan hingga 499 km.

Kemampuan beradaptasi ini menjadikan EuroPULS solusi yang fleksibel dan dapat disesuaikan untuk kebutuhan pertahanan. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *