Selama dua tahun, Angkatan Darat India telah menerima 126 kendaraan tempur antiranjau Kalyani M4 dari Bharat Forge

Kalyani M4IADN

AIRSPACE REVIEW – Bharat Forge Ltd (Kalyani Group) telah mengirimkan 126 kendaraan lapis baja tahan ranjau Kalyani M4 ke Angkatan Darat India dalam jangka waktu kurang dari dua tahun.

Kabarnya, Kalyani Group telah meningkatkan lini produksi mereka hingga sanggup memproduksi hampir 100 unit/tahun di fasilitasnya di Pune, IADN mewartakan baru-baru ini.

Sebelumnya, pada bulan April 2022, Kepala Staf Angkatan Darat India Jenderal MM Naravane meresmikan penggunaan pertama dari kendaraan taktis khusus Kalyani M4 ini.

Kalyani M4 memiliki kekebalan balistik pada STANAG 4569 Level 3 dan proteksi ledakan ranjau dan IED pada STANAG 4569 Level 4a & 4b yang sanggup menghadapi ledakan setara 50 kg TNT dari arah samping.

Kendaraan tempur bongsor dengan berat 16 ton ini ditenagai oleh mesin turbo diesel berdaya 465 hp. Mampu dibesut hingga kecepatan maksimal 140 km/jam dan menjelajah sejauh 800 km.

Pada varian angkut pasukan (APC), dapat menampung 10 prajurit termasuk pengemudi dan komandan serta muatan hingga 2,3 ton.

Sebagai senjata beladiri dan bertempur, Kalyani M4 dapat dibekali stasiun senjata kendali jarak jauh (RCWS) dengan pilihan senjata berupa senapan mesin kaliber 7,62 mm atau 12,7 mm.

Kendaraan ini aslinya adalah M4 produk asli perusahaan senjata Afrika Selatan, Paramount Group, kemudian disesuaikan untuk kondisi India oleh perusahaan lokan India, Bharat Forge.

Kedua perusahaan juga telah bersepakat untuk menggabungkan teknologi, kemampuan, dan keahlian mereka untuk memproduksi kendaraan lapis baja di India. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *