Gertak Korea Utara yang rajin mengembangkan senjata nuklir, AS kerahkan kapal induk USS Theodore Roosevelt ke Korea Selatan

USS Theodore Roosevelt_1US Navy

AIRSPACE REVIEW – Amerika Serikat mengerahkan kapal induk angkatan lautnya USS Theodore Roosevelt (CVN-71) ke perairan Korea Selatan untuk latihan tiga arah dengan Korea Selatan dan Jepang.

Latihan militer bersama tiga negara ini dilakukan sebagai upaya menghadapi ancaman Korea Utara yang semakin hari semakin gencar melakukan uji coba rudal nuklir.

Kedatangan kelompok penyerang USS Theodore Roosevelt di Busan berselang hanya sehari setelah Seoul memanggil Duta Besar Rusia untuk Korea Selatan guna memprotes kesepakatan besar antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pekan lalu.

Perjanjian Rusia-Korea Utara menjamin bantuan pertahanan timbal balik jika terjadi perang.

Korea Selatan mengatakan, perjanjian itu menimbulkan ancaman baru terhadap keamanannya. Seoul juga memperingatkan bahwa Korea Selatan pada akhirnya akan mempertimbangkan pengiriman senjata mematikan ke Ukraina untuk membantu Kyiv berperang melawan Moskow.

Latihan Freedom Edge dilakasnakan usai pertemuan antara kepala pertahanan Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jepang di Singapura pada awal Juni lalu.

CVM=71 berpartisipasi dalam latihan tersebut yang dimulai pada bulan Juni ini. Militer Korea Selatan tidak mengonfirmasi rincian spesifik dari pelatihan tersebut, seperti diwartakan AP.

Laksamana Muda Christopher Alexander, Komandan Carrier Strike Group Nine, mengatakan latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan taktis kapal dan meningkatkan interoperabilitas antarangkatan laut negara untuk memastikan negara siap menanggapi setiap krisis dan kemungkinan.

Angkatan Laut Korea Selatan mengatakan dalam sebuah pernyataannya bahwa kedatangan kapal induk AS menunjukkan postur pertahanan sekutu yang kuat dan keinginan yang besar untuk menanggapi ancaman Korea Utara yang semakin meningkat.

Kunjungan USS Theodore Roosevelt ke Korea Selatan terjadi tujuh bulan setelah kapal induk AS lainnya, USS Carl Vinson (CVN-70) tiba di Korea Selatan untuk unjuk kekuatan melawan Korea Utara.

Kelompok tempur CVN-71 juga berpartisipasi dalam latihan tripartit dengan Angkatan Laut Korea Selatan dan Jepang pada bulan April lalu di Laut Cina Timur yang disengketakan dengan China. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *