Luncurkan Orkan, Vizir, dan BEK-1000, Rusia meyakini akan menjadi produsen teratas drone boat di pasar internasional

Orcan - Vizir - BEK-1000Topwar

AIRSPACE REVIEW – Rusia meyakini akan menjadi produsen teratas kendaraan permukaan air tak berawak (USV), atau sering disebut juga sebagai drone boat, di pasar internasional.

Rosoboronexport JSC mengatakan hal itu di Pameran Pertahanan Maritim Internasional Fleet 2024 di Kornstadt, St. Petersburg, Rusia pada 19-25 Juni.

“Pasar untuk kendaraan ini masih berkembang. Mayoritas negara-negara asing belum memiliki konsep yang telah dicoba dan diuji untuk penggunaan praktisnya. Pada tahap inilah negara-negara lain, pelanggan potensial kami, mulai memahami apa itu drone boat dan mengapa mereka penting. Kami berusaha membantu mereka kapan pun kami bisa,” uar seorang pejabat Rosoboronexport kepada TASS.

Ia menambahkan, desain dan solusi luar biasa drone buat buatan Rusia sangat bagus. Di pameran ini Rosoboronexport meluncurkan tiga model drone boat yaitu Orkan, Vizir, dan BEK-1000.

Orkan USV merupakan model multiguna paling kompak dan mampu mencapai kecepatan hingga 40 knot (74,5 km/jam) dengan jangkauan setidaknya 500 km.

Sementara Vizir mampu melaju dengan kecepatan hingga 45 knot (83,4 km/jam), dengan jangkauan hingga 434 km.

BEK-1000 mampu membawa muatan hingga satu ton untuk berbagai keperluan.

Selain ketiga drone boat tersebut, Rusia dilaporkan juga telah mengembangkan sistem penampakan pencitraan termal baru LPK-101 Krechet, yang akan memungkinkan untuk lebih efektif melawan serangan kapal laut tak berawak, serta menyerang UAV serangan musuh berukuran besar yang disebut Baba Yaga.

Sistem penampakan ini awalnya dibuat untuk armada Laut Hitam guna memerangi kapal musuh tak berawak, tetapi kemudian keputusan dibuat untuk menggunakannya di pasukan darat untuk menghancurkan UAV musuh.

Perusahaan mengatakan, Krechet mampu dengan jelas membedakan tanda panas drone di langit dan melakukan tembakan yang ditargetkan bahkan saat bergerak.

Pengujian sistem penampakan baru dilakukan baik di darat maupun di laut. Khusus di darat, Krechet dipasang pada senapan mesin berat Kord. Sementara di laut diuji bersama dengan menara yang dipasang di kapal dan perahu. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *