Angkatan Udara Nigeria mengumumkan akuisisi 50 pesawat dan helikopter untuk memerangi terorisme: M-346, C295, AH-1, AW109

Nigeria membeli M346 - C295 - AH-1 - AW109 _ Airspace ReviewIstimewa

AIRSPACE REVIEW – Angkatan Udara Nigeria mengumumkan niatnya untuk memperoleh 50 pesawat baru guna meningkatkan kemampuannya melawan milisi bersenjata dan teroris di barat laut Nigeria.

Pengumuman pada 18 Juni 2024 ini disampaikan oleh Marsekal Hassan Bala Abubakar, Kepala Staf Udara Angkatan Nigeria, saat peresmian fasilitas militer baru termasuk dua hanggar pesawat di negara bagian Katsina.

Marsekal Abubakar merinci, armada baru tersebut akan mencakup 24 jet latih tempur M-346, 12 helikopter serang AH-1, 12 helikopter serbaguna AW109, dan dua pesawat angkut C295.

Rincian mengenai biaya pengadaan 50 pesawat ini tak disebutkan. Angkatan Udara Nigeria memperkirakan akan tambahan baru ini mulai tahun depan.

M-346 adalah jet latih dan serang ringan yang dikembangkan oleh Leonardo Italia. Varian serang dapat dipersenjatai rudal udara ke udara, rudal udara ke permukaan, tabung roket, dan bom.

AH-1 Cobra adalah helikopter serang bermesin tunggal yang dikembangkan oleh Bell Helicopter, Amerika Serikat. Memiliki konfigurasi kursi tandem untuk pilot dan penembak dan dilengkapi dengan kanon Gatling M197 20 mm, roket, dan rudal TOW.

AW109 adalah helikopter ringan serbaguna bermesin ganda yang dikembangkan oleh Leonardo Italia. Dapat digunakan untuk berbagai peran termasuk evakuasi medis, serta pencarian & penyelamatan.

Sementara C295 adalah pesawat angkut militer taktis serbaguna twin-turboprop yang dikembangkan oleh Airbus Defense and Space. Dapat membawa hingga 71 pasukan atau muatan kargo 9 ton. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *