TNI AL dan Angkatan Laut Rusia akan melakukan latihan bersama bersandi Orruda 2024

KRI I Gusti Ngurah Rai-332 dan Su-30MK2TNI AU

AIRSPACE REVIEW – TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Rusia akan melaksanakan latihan bersama bersandi Orruda 2024. Hal ini terungkap dalam kegiatan Final Planning Conference (FPC) yang dilaksanakan di Surabaya, Jawa Timur pada 12-13 Juni.

Dinas Penerangan Koarmada II mengatakan, FPC dihadiri oleh delegasi TNI AL yang dipimpin Kolonel Laut (P) Lukman Harris dan delegasi Angkatan Laut Rusia yang dipimpin oleh Captain (Kolonel) Igor Bykov.

TNI-AL-dan-Angkatan-Laut-Rusia
TNI AL dan Angkatan Laut Rusia melaksanakan FPC untuk Latihan Bersama Orruda 2024. (Koarmada II)

Dari TNI AL hadir pula Komandan KRI I Gusti Ngurah Rai-332 Kolonel Laut (P) Ahmad Ahsan dan Komandan KRI Frans Kaisiepo-368 Letkol Laut (P) Lustia Budi.

Kegiatan FPC dilaksanakan sebagai rapat perencanaan akhir dari latihan bilateral pertama antara TNI AL dan Angkatan Laut Rusia, pascakemerdekaan Indonesia sejak 79 tahun silam.

Ketua Delegasi TNI AL mengatakan, Orruda 2024 merupakan latihan spesial bagi kedua angkatan laut dan menjadi sejarah besar bagi Indonesia dan Rusia. Selain itu membawa ide dan wawasan berharga bagi TNI AL dan Angkatan Laut Rusia.

“Saya juga menjamin bahwa suasana terbuka dan ramah ini akan memperkuat hubungan antara Angkatan Laut Indonesia dan Angkatan Laut Rusia,” pungkas Kolonel Laut Lukman. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *