Perkuat kapasitas militer Ukraina, Kanada kirimkan sepuluh ACSV 8×8 dari 50 yang direncanakan

ACSV 8X8X/Bill Blair

AIRSPACE REVIEW – Tercatat sebagai salah satu pendukung terkuat Ukraina dalam menghadapi perang melawan Rusia, Kanada kembali mengirimkan peralatan perang baru. Kali ini berupa kendaraan tempur lapis baja ACSV (Armored Combat Support Vehicle).

Informasi tersebut dibagikan langsung pada 13 Juni 2024 melalui akun X Bill Blair, Menteri Pertahanan Nasional Kanada. Ia menulis bahwa sepuluh ACVS pertama varian ambulans sedang dalam perjalanan ke Eropa.

Selanjutnya, personel Angkatan Bersenjata Ukraina akan menjalani pelatihan tentang mengoperasikan ACSV ini setibanya panser tersebut.

Panser berpenggerak 8×8 ini dikembangkan oleh General Dynamics Land Systems-Canada (GDLSC), berdasarkan sasis Light Armored Vehicle (LAV) 6.0. Kendaraan dirancang untuk memberikan berbagai dukungan taktis di medan perang.

Model ACSV mencakup beberapa varian, masing-masing disesuaikan dengan peran tertentu, seperti transportasi pasukan, ambulans, pos komando, dukungan teknik, pemulihan kendaraan, perbaikan bergerak, dan peperangan elektronik.

Kendaraan dengan mobilitas tinggi ini dilengkapi dengan sistem komunikasi canggih dan perlindungan balistik ampuh, menawarkan keamanan maksimum bagi awaknya.

Khusus ACSV versi ambulans dilengkapi dengan peralatan medis dan dikonfigurasi untuk menangani berbagai macam cedera.

Ditargetkan, sepuluh kendaraan pertama akan tiba di Ukraina pada musim gugur ini, sehingga meningkatkan kapasitas Angkatan Bersenjata Ukraina untuk mengevakuasi personel yang terluka dengan aman dari zona pertempuran.

Selama kunjungan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada 22 September 2023, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengungkapkan bahwa negaranya menginvestasikan 650 juta dolar Kanada selama tiga tahun untuk memasok 50 ACVS ini ke Ukraina. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *