Saab rancang pesawat loyal wingman siluman berkecepatan supersonik untuk dampingi Gripen NG dan jet tempur generasi 6 Eropa

Saab Loyal WingmanSaab

AIRSPACE REVIEW – Perusahaan Saab asal Swedia sedang mengerjakan konsep drone tipe loyal wingman siluman yang memiliki kecepatan supersonik.

Program ini telah berjalan selama beberapa waktu sebagai upaya yang didanai perusahaan sendiri. Bahkan model wahana tempur tanpa awak ini telah telah menjalani uji terowongan angin pada 2021.

Konsep loyal wingman dari Saab baru terungkap setidaknya sejak September 2022, ketika dipresentasikan sebagai bagian dari makalah akademis di Kongres Dewan Internasional Ilmu Penerbangan (ICAS) ke-33, yang berlangsung di Stockholm, ibu kota Swedia. .

Tidak seperti kebanyakan desain dan konsep serupa, Saab loyal wingman tampaknya telah disesuaikan untuk kecepatan tinggi serta kemampuan observasi yang rendah.

Ia memiliki konfigurasi sayap badan yang ramping dan menyatu dengan sirip ekor model V dengan dagu seperti anak panah. Drone ini dilengkapi mesin tunggal yang dialiri oleh saluran masuk udara di punggung.

Drone tempur ini memiliki ruang internal yang cukup besar untuk membawa senjata di kedua sisi badan pesawat.

Selain dirancang untuk berpasangan dengan jet tempur Gripen NG, loyal wingman rancangan Saab ini juga untuk digunakan bersama pesawat tempur generasi ke-6 Eropa FCAS (future combat air system) yang dimotori Inggris dan Italia.

Meskipun awalnya Saab tergabung dengan program FCAS, namun akhirnya mengundurkan diri, dan memilih merancangnya sendiri untuk Angkatan Udara Swedia. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *