Su-34 Rusia jatuh di wilayah pegunungang Osettia, kedua pilotnya tewas

Su-34 FullbackIstimewa

AIRSPACE REVIEW – Sebuah pesawat pembom tempur Su-34 Rusia jatuh pada 11 Juni di wilayah pegunungan Ossetia Utara dan menewaskan kedua pilotnya. Informasi ini disampaikan oleh Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataannya.

“Di Republik Ossetia Utara-Alania, sebuah pesawat Su-34 Angkatan Dirgantara Rusia jatuh saat penerbangan pelatihan terjadwal di daerah pegunungan. Pesawat itu jatuh di kawasan sepi,” tulis kementerian.

Penyebab kecelakaan masih dalam penyelidikan, indikasi awal menunjukkan pesawat mengalami masalah teknis dan kedua pilot tidak memiliki peluang untuk selamat.

Komisi khusus telah dibentuk untuk mengetahui semua keadaan dalam kecelakaan tersebut. Para ahli telah dikirim ke tempat kejadian.

Sebelumnya pada pertengahan September 2023, sebuah Su-34 Rusia jatuh saat penerbangan pelatihan di wilayah Voronezh Rusia, yang berbatasan dengan wilayah Luhansk timur Ukraina.

Pada peristiwa itu kedua pilot Su-34 berhasil keluar dari pesawat sebelum pesawat jatuh.

Pada Oktober 2022, pihak berwenang Rusia mengatakan 15 orang tewas ketika sebuah Su-34 menabrak sebuah bangunan tempat tinggal di Yeysk, sebuah kota di wilayah Krasnodar selatan Rusia.

Su-34 adalah pembom tempur yang didesain berawak dua orang yang duduk di kokpit secara berdampingan.

Pesawat dengan kode NATO Fullback ini berkemampuan multiperan untuk pertempuran udara ke udara dan serangan udara ke permukaan. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *