Latihan senjata nuklir taktis Rusia untuk mengantisipasi kemungkinan invasi NATO

Rudal balistik nuklir Iskander RusiaAP

AIRSPACE REVIEW – Militer Rusia saat ini sedang melaksanakan fase kedua latihan penggunaan senjata nuklir taktis. Analis militer yang juga Pemimpin Redaksi National Defense, Igor Korotchenko, mengatakan latihan ini digelar Rusia sebagai antisipasi bila NATO melakukan invasi ke wilayah Rusia.

Tujuan dari latihan ini adalah untuk melatih “mekanisme praktis” penggunaan senjata nuklir taktis jika keputusan untuk mengambil tindakan drastis seperti itu harus diambil, kata Korotchenko kepada Sputnik.

Ia menambahkan, Rusia bukan sedang memberi isyarat kepada seseorang, tetapi menggarisbawahi bahwa hal itu harus dilakukan dalam rangka persiapan dan antisipasi.

Berbagai aspek penggunaan senjata nuklir taktis yang diuji selama latihan tersebut termasuk pemberian izin presiden kepada pasukan, pembukaan hulu ledak, input data penerbangan dan penargetan.

Pada dasarnya, merupakan rangkaian dari prosedur penggunaan senjata nuklir, lanjut Korotchenko.

Dengan latihan ini Angkatan Bersenjata Rusia memastikan kesiapannya untuk melancarkan serangan nuklir taktis terhadap negara-negara NATO yang terlibat dan ke zona konflik di Ukraina.

“Ini adalah mekanisme respons jika NATO berperang dengan Rusia,” tandasnya. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *