Bertugas menjalankan misi Kepolisian Udara Baltik NATO, F-35A Italia cegat Su-30SM Rusia di atas Laut Baltik untuk pertama kalinya

F-35 Italia cegat Su-30SM di atas Laut BaltikVia Fighter Bomber

AIRSPACE REVIEW – Sebuah video dan foto yang dirilis oleh akun Instagram populer Fighter Bomber (9/6), menunjukkan jet tempur multiperan Su-30SM Rusia dicegat oleh dua F-35A Italia di atas Laut Baltik, di lepas pantai Estonia.

F-35A Angkatan Udara Italia tersebut dikerahkan untuk melaksanakan tugas QRA (Quick Reaction Alert) guna mendukung misi Kepolisian Udara Baltik NATO.

Klip pendek tersebut menunjukkan dua F-35A juga mendekati pesawat An-12 Rusia yang mungkin terbang ke/dari oblast Kaliningrad dan dikawal oleh setidaknya satu Su-30SM.

F-35A Italia yang terlibat dalam pencegatan tersebut berasal dari Gruppo (Skuadron) 13° dari Stormo (Sayap) 32°, dari Pangkalan Udara Amendola, di tenggara Italia.

Diketahui, F-35A Italia ini telah tiba di Estonia, pada 30 April 2024, menandai pertama kalinya jet siluman Italia dikerahkan ke Baltik dan pertama kalinya juga jet tempur generasi ke-5 mendukung misi NATO di Baltik.

Pada 3 Mei 2024, detasemen Italia secara resmi mengambil alih peran tambahan dalam misi Kepolisian Udara Baltik NATO dari detasemen Eurofighter Typhoon Angkatan Udara Jerman.

Jet F-35A Italia ini menjalankan layanan QRA (Quick Reaction Alert) dalam konfigurasi yang sama yang digunakan untuk mendukung SSSA (Servizio Sorveglianza Spazio Aereo – Layanan Pengawasan Ruang Udara) domestik secara bergilir.

Saat bertugas menjalankan misi patroli udara, F-35A ini membawa dua rudal AIM-120C AMRAAM (Advanced Medium Range Air-to-Air Missile) di ruang senjata internalnya.

Menariknya, Su-30SM dalam video tersebut tampaknya juga membawa rudal udara ke udara R-27T/ET (nama pelaporan NATO AA-10 Alamo) yang dipandu IR.

Su-30SM ini bertugas mengawal An-12 yang kemungkinan besar adalah varian misi khusus pengintaian atau mungkin versi peperangan elektronik (EW). -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *