Tak mau berhari-hari, Angkatan Udara AS targetkan penguasaan medan peperangan elektronik cukup tiga jam saja

F-16 ViperNorthrop Grumman

AIRSPACE REVIEW – Angkatan Udara AS (AS) sedang mengembangkan dan memperbarui sistem penguasaan peperangan elektronik dengan data medan perang hanya dalam hitungan jam, bukan berhari-hari.

Kolonel Josh Koslov, Komandan Spectrum Warfare Wing ke-350 telah menetapkan tujuan ambisius tersebut. Dalam webcast yang diselenggarakan oleh C4ISRNET, Koslov mengatakan bahwa target tiga jam, yang pernah ia sebut sebagai “moonshot”, kini hampir dicapai.

“Kami hampir mencapainya, bahkan melebihi, dalam sebagian besar sistem yang kami cakup dalam sayap peperangan spektrum,” kata Koslov, dikutip Defense News.

Dia menambahkan bahwa lebih dari separuh dari 70 sistem EW yang digunakan organisasinya di seluruh USAF berada pada atau di bawah batas waktu tiga jam untuk pembaruan.

Namun banyak dari sistem tersebut memiliki elemen unik dan sistem elektronik USAF perlu lebih memanfaatkan interoperabilitas dan standar arsitektur terbuka untuk menyederhanakan proses pembaruan data secara cepat, lanjutnya.

Koslov menandaskan, data adalah senjata yang memungkinkan hal ini terjadi dan pemrosesan data adalah cara untuk mewujudkannya.

Hal ini mencakup penggabungan data dari semua sumber dalam pasukan gabungan, seperti unit angkatan darat di darat, kapal angkatan laut di Pasifik, atau platform lintas udara, katanya, dan kemudian menyisir informasi tersebut untuk menemukan ancaman baru.

Untuk mencapai pembaruan data yang cepat seperti ini, kata Koslov, USAF telah mengubah taktik, teknik, dan prosedurnya agar lebih fokus pada perang. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *