Australia dan AS telah selesai memperluas Nackeroo Airstrip di Northern Territory: Latihan militer lebih besar dapat dilaksanakan, C-17 dan MV-22 bisa ditampung banyak

Nackeroo Airstrip di Northern Terrytory Australia_ Airspace ReviewAustralian DoD

AIRSPACE REVIEW – Australia dan Amerika Serikat telah selesai memperluas kapasitas landasan di Nackeroo Airstrip di Bradshaw Field Training Area, Northern Territory.

Dengan selesainya peningkatan fasilitas penerbangan tersebut, memungkinkan pelatihan militer kedua negara yang lebih besar dapat diakomodir di wilayah bagian utara Australia.

Departemen Pertahanan Australia dalam rilisnya menerangkan, peningkatan Landasan Udara Nackeroo meliputi perpanjangan landasan pacu dan penambahan lahan untuk parkir pesawat, termasuk C-17 Globemaster III dan MV-22 Osprey.

Proyek ini merupakan bagian dari kerja sama postur kekuatan Australia dan AS untuk melakukan peningkatan operasi darat dan udara di luar Area Pelatihan Lapangan Bradshaw.

Peningkatan Nackeroo Airstrip merupakan komponen utama dari Inisiatif Postur Angkatan Darat Amerika Serikat senilai 747 juta dolar AS.

Dikatakan, proyek ini akan memberikan peningkatan penting pada fasilitas dan infrastruktur di empat area pelatihan pertahanan di Northern Territory.

Proyek ini juga sekaligus menyediakan fasilitas medis baru, kamp pelatihan untuk 250 orang, fasilitas pelatihan operasi perkotaan, kamp akomodasi dan peningkatan jalan.

Upaya-upaya tersebut dalam rangka mewujudkan prioritas Strategi Pertahanan Nasional tahun 2024, termasuk penyediaan serangkaian pangkalan yang berjejaring dan tangguh, terutama di seluruh Australia Utara.

Hal ini juga untuk memperkuat ketahanan nasional Australia dan memokuskan upaya keterlibatan internasional pada peningkatan interoperabilitas dan pencegahan kolektif. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *