Radar MR-18 pendeteksi pesawat siluman Ukraina dihancurkan Rusia, diduga oleh serangan rudal Kh-38

Radar M-18 Ukraina dihancurkan oleh rudal Rusia _ Airspace ReviewIstimewa

AIRSPACE REVIEW – Beredar di media sosial video yang memperlihatkan radar pengawasan MR-18 milik Ukraina dihancurkan oleh serangan Rusia. Ini adalah radar mutakhir yang dikembangkan perusahaan Ukraina untuk mendeteksi pesawat siluman.

Namun unggahan tersebut tidak menyebutkan secara spesifik kapan serangan itu terjadi atau di wilayah mana di Ukraina.

MR-18 diluncurkan oleh Ukraina pada 2017. Sistem ini menampilkan radar array bertahap digital yang mampu mendeteksi objek siluman di udara.

Informasi menyebut, rudal yang digunakan Rusia untuk menghancurkan rudal ini adalah Kh-38, menurut Bulgarian Military. Kh-38 memiliki jangkauan terbatas hanya 40-45 km.

Namun mengingat jarak jangkau rudal tersebut, muncul pertanyaan kenapa pesawat yang masuk ke wilayah Ukraina lolos dari tembakan Ukraina.

Muncul juga dugaan bahwa rudal yang menyerang radar tersebut memiliki jangkauan yang lebih jauh lagi dari Kh-38.

Sekilas mengenai Kh-38, rudal ini pertama kali diperkenalkan kepada publik di Pameran Udara Internasional Moskow (MAKS) 2007.

Prototipe rudal tersebut awalnya memiliki sayap lipat dan sirip ekor untuk pengangkutan internal.

Kh-28 dikembangkan dalam berbagai varian. Rudal ini dapat diluncurkan oleh pesawat tempur seperti Sukhoi Su-34 hingga Su-57. Kh-38 juga rencananya akan diintegrasikan pada helikopter Kamov Ka-52K. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *