Setelah lama disembunyikan, Korea Utara ungkap nama MBT terbarunya Cheonma-2, rival terdekat K2 Black Panther Korea Selatan

North Korea Cheonma-2 MBTKCNA

AIRSPACE REVIEW – Dalam kunjungan ke Akademi Pengembangan Pertahanan pada 29 Mei 2024, Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un mengumumkan nama resmi tank tempur utama (MBT) baru Korea Utara adalah Cheonma-2.

Sebelumnya, tank baru ini mendapatkan nama sementara sebagai M2020 oleh analis Barat, berdasarkan tahun kemunculannya pada 2020.

Cheonma-2 mulai diperkenalkan ke hadapan dunia internasional saat digunakan dalam latihan gabungan militer Korea Utara pada 14 Maret 2024 lalu.

Demonstrasi tersebut dilakukan di tengah latihan militer gabungan antara Korea Selatan dan Amerika Serikat, yang menjadi rival utama Korea Utara selama ini.

Meskipun informasi terperinci tentang tank baru ini masih langka, diperkirakan Cheonma-2 unggul di medan pegunungan, seperti MBT pendahulunya Pokpung-ho (Barat menyebutnya sebagai M2002).

Sebagai penggebuk, Cheonma-2 mengusung kanon kaliber 125 mm dan dibekali munisi penembus lapis baja yang lebih kuat dibandingkan Pokpung-ho.

Tank juga mendapatkan peningkatan pengendalian tembakan, dan sistem perlindungan canggih, termasuk pemandangan termal dan sistem komunikasi canggih.

Dalam pengembangan MBT, industri senjata dalam negeri Korea Utara boleh dibilang cukup makan asam garam alias berpengalaman.

Dimulai pada tahun 1970-an dan 1980-an, Korea Utara mulai memproduksi MBT-nya sendiri dengan seri Chonma-ho. Tank ini dikembangkan berdasarkan T-62 buatan Uni Soviet.

Seri ini mengalami beberapa iterasi dengan peningkatan pada armor, daya tembak, dan mobilitas.

Selanjutnya pada 1990-an, diperkenalkannya Songun-915 yang menggabungkan fitur-fitur dari tank T-72 Rusia dan Type 88 China, menandai pergeseran menuju kemandirian yang lebih besar dalam produksi pertahanan mereka.

Pada era milenium baru, Korea Utara memperkenalkan Pokpung-ho, yang muncul awal tahun 2002, mencakup peningkatan yang dipengaruhi oleh tank T-80 Rusia dan Type 96 China.

Dan kini yang terbaru adalah Cheonma-2, muncul tahun 2020. Tank ini digadang sebagai pesaing utama untuk tank K2 Black Panther 120 mm dari Korea Selatan. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *