Persiapan menerima pesawat-pesawat baru, TNI AU meluluskan lagi 41 penerbang muda baru jurusan fixed wing, rotary wing, dan drone

Kasau Marsekal M Tonny Harjono melantik 41 penerbang baru TNI AU _ Airspace Review (2)TNI AU, Istimewa

AIRSPACE REVIEW – Menyambut datangnya pesawat-pesawat baru yang dibeli oleh Kementerian Pertahanan RI dalam beberapa tahun mendatang, TNI Angkatan Udara kembali meluluskan lagi 41 penerbang muda dari jurusan fixed wing, rotary wing, dan drone (Pesawat Terbang Tanpa Awak/PTTA).

Upacara Wisuda Penerbang atau Wing Day dilaksanakan di Lapangan Jupiter, Lanud Adisutjipto, Yogyakarta dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI M. Tonny Harjono pada Kamis, 30 Mei 2024.

Pelantikan ditandai dengan penyematan Wing Penerbang TNI AU oleh Kasau kepada tiga lulusan terbaik Sekolah Penerbang (Sekbang) Angkatan Ke-104 dan Pesawat Terbang Tanpa Awak (PTTA) Angkatan Ke-6.

Ketiga lulusan terbaik tersebut adalah Letda Pnb Adipraja Soesilo, S.Tr.Han., untuk jurusan fixed wing, Letda Pnb Huda Bagas Yudhistira, S.Tr.Han., untuk jurusan rotary wing dan Letda Pnb Wahyu Christiyanto Rohi, S.Tr.Han., untuk jurusan Pesawat Terbang Tanpa Awak (PTTA).

Kasau dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada para wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikan Sekbang dengan baik.

Kasau menegaskan bahwa dalam menghadapi dinamika lingkungan strategis yang kompleks dan tantangan tugas yang semakin berat, TNI Angkatan Udara harus terus mengasah dan mempersiapkan diri dengan baik.

Dalam dua tahun ke depan, kata Kasau, TNI Angkatan Udara akan menerima berbagai alutsista modern yang memerlukan peran penerbang profesional yang cakap dan cekatan untuk mengoperasikannya.

Oleh karena itu, Kasau berpesan kepada para wisudawan untuk terus belajar dan mempersiapkan diri agar menjadi penerbang handal yang siap melaksanakan tugas-tugas TNI Angkatan Udara di masa depan, seperti diberitakan Dinas Penerangan TNI AU (Dispenau).

Wisudawan kali ini terdiri dari 37 perwira penerbang lulusan Sekbang A-104 dan 4 perwira penerbang PTTA A-6.

Wing Day turut dimeriahkan dengan penampilan demo udara empat pesawat KT-1B Woongbi yang tergabung dalam Jupiter Aerobatic Team (JAT) serta passing out parade para wisudawan. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *