Bersaing dengan Guarani ACV 6X6, LAV III Stryker 8X8 calon terkuat panser pilihan Angkatan Darat Argentina

Stryker 8X8Istimewa

AIRSPACE REVIEW – Argentina dilaporkan tengah melakukan evaluasi kendaraan tempur lapis baja beroda (VCBR) baru untuk memodernisasi arsenal Angkatan Daratnya. Informasi ini diungkapkan oleh surat kabar Spanyol, Infodefensa pada 23 Mei 2024.

Dalam laporan tahunannya yang disampaikan kepada Senat Argentina, Kepala Staf Menteri Negara Nicolás Posse mengungkapkan bahwa mereka mempertimbangkan model LAV III Stryker 8×8 dari perusahaan asal AS, General Dynamics Land Systems.

Opsi ini disukai karena kinerja kendaraan yang diakui dalam berbagai konflik internasional, alias panser Stryker telah battle proven.

Namun, GuaranĂ­ ACV 6×6 yang diproduksi oleh Brasil juga masih menjadi kandidat kuat, berkat kedekatan geografis dan kemungkinan kolaborasi regional yang lebih erat.

Studi awal untuk akuisisi program VCBR sebenarnya telah dimulai pada 2010, mencakup 209 kendaraan termasuk varian berbeda yang disesuaikan dengan berbagai peran dalam angkatan bersenjata.

Pembiayaan proyek ambisius ini telah disetujui oleh Kongres Argentina sebagai bagian dari pentingnya strategis pembaruan.

Seleksi akhir akan didasarkan pada serangkaian kriteria yang ketat, termasuk aspek teknis dan operasional, serta kemampuan untuk memberikan dukungan logistik dan interoperabilitas dengan tentara negara tetangga.

Komitmen Argentina untuk memodernisasi angkatan bersenjatanya juga diwujudkan melalui inisiatif transfer teknologi, yang direncanakan dalam perjanjian penjualan, memungkinkan pemeliharaan panser langsung di tanah Argentina.

Visi jangka panjang Buenos Aires tidak hanya memiliki peralatan modern tetapi juga mengembangkan industri pertahanan nasional yang mampu mendukung dan memperluas ketahanan investasi besar ini.

Penyelesaian program VCBR ini sendiri dijadwalkan akan berlangsung selama sembilan tahun. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *