Sepuluh teknisi Angkatan Udara Ukraina menyelesaikan pelatihan pemeliharaan jet tempur F-16 di Belanda

F-16 BelandaIstimewa

AIRSPACE REVIEW – Sebanyak sepuluh teknisi Angkatan Udara Ukraina telah menyelesaikan program pelatihan khusus pemelihataan jet tempur F-16 di Belanda. Kementerian Pertahanan Belanda mengumumkan pada 21 Mei 2024.

Mereka dilatih untuk memelihara dan menyiapkan pesawat F-16 yang akan digunakan oleh para penerbang Ukraina untuk bertempur melawan pasukan Rusia.

Pelatihan ini merupakan bagian dari komitmen Belanda untuk memasok setidaknya 24 jet tempur F-16 ke Ukraina, seperti yang telah diberitakan sebelumnya.

Program pelatihan komprehensif mencakup aspek-aspek penting yang penting bagi keselamatan dan fungsionalitas pesawat tempur. Para peserta pelatihan asal Ukraina belajar cara merawat komponen-komponen penting seperti helm pilot, sistem oksigen, dan parasut di pesawat.

Selain itu, mereka dilatih untuk merakit dan memeriksa paket penyelamat, yang mencakup makanan, obat-obatan, dan perlengkapan lainnya untuk membantu pilot bertahan selama beberapa hari setelah pendaratan darurat.

Pelatihan ini dirancang dengan cermat oleh kelompok Peralatan Keselamatan Penerbangan (VVU) untuk mempersiapkan tentara menghadapi semua potensi bahaya yang terkait dengan misi F-16.

Belanda berencana untuk mulai mengirimkan jet tempur F-16 ke Ukraina pada musim gugur ini, kata Menteri Pertahanan Belanda Kajsa Ollongren pada awal Mei.

Selain inisiatif pelatihan ini, Belanda adalah salah satu pemrakarsa Pusat Pelatihan F-16 Eropa (EFTC) di Rumania.

Saat ini sebanyak 11 jet F-16 untuk tujuan pelatihan telah dikirimkan ke EFTC. Pusat ini bertujuan untuk lebih meningkatkan kemampuan pasukan Eropa dalam pemeliharaan dan pengoperasian pesawat tempur F-16. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *