Republikorp ingin mengembangkan industri pertahanan Indonesia yang kuat dan berkelanjutan

RepublikorpRepublikorp

AIRSPACE REVIEW – Republikorp Indonesia, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri pertahanan, mengadakan silaturahmi dengan media nasional di Jakarta pada Senin, 20 Mei 2024. Acara ini bertujuan untuk mempererat hubungan antara Republikorp Indonesia dengan media.

Pada kesempatan tersebut pendiri Republikorp Indonesia, Norman Joesoef, menceritakan perjalanannya dalam merintis perusahaan yang sudah berdiri selama 11 tahun tersebut.

Didirikan pada tahun 2013, awalnya fokus bisnis Republikorp Indonesia adalah perdagangan dan peningkatan di bidang teknologi dan sumber daya manusia di industri pertahanan Indonesia.

Norman-Joesoef
Norman Joesoef

“Selama 11 tahun saya rutin mengunjungi pameran industri pertahanan di seluruh dunia dan membina hubungan strategis dengan negara-negara maju yang sudah lebih dulu sukses memproduksi alutsista agar selain melakukan hubungan bisnis dengan kami mereka juga mau melakukan transfer teknologi,” ujar Norman Joesoef.

Dalam mengembangkan industri pertahanan di Tanah Air yang kuat dan berkelanjutan, lanjutnya, diperlukan sumber daya manusia yang memadai. Republikorp Indonesia mengerti bahwa keduanya harus sejalan. Oleh sebab itu Republikorp Indonesia memberdayakan talenta-talenta muda Tanah Air, antara lain para insinyur di bidang matematika, telemetri, bidang frekuensi, dan otomasi.

Republikorp Indonesia memperoleh dampak positif dengan adanya Universitas Pertahanan (Unhan) yang berperan dalam menghasilkan sumber daya manusia berkualitas dan kompeten, terutama di sektor industri pertahanan.

Republikorp Indonesia memberikan pelatihan intensif kepada talenta lokal, baik yang baru lulus maupun yang sudah berpengalaman.

Selain itu perusahaan juga melakukan pendekatan kepada diaspora Indonesia yang telah bekerja di luar negeri dan menawarkan kesempatan untuk berkontribusi kembali di Indonesia.

Salah satu tujuan utama Republikorp Indonesia, ujar Norman, adalah menyerap teknologi pertahanan strategis dari rantai pasok global dan mengadaptasi serta memproduksinya secara lokal dengan lisensi.

Misi Republikorp Indonesia adalah menjadi perusahaan swasta terdepan di industri pertahanan yang menyediakan solusi lengkap dan akuntabel di bawah pengawasan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Dengan pendekatan tersebut, Republikorp Indonesia bertujuan untuk mencapai keunggulan dalam industri pertahanan melalui inovasi, kolaborasi, dan penerapan praktik terbaik.

Ditanya Airspace Review mengenai produk apa yang akan dikedepankan oleh Republikorp Indonesia di ajang Indo Defence 2024 mendatang, pria lulusan universitas di Praha, Cekoslowakia itu menjawab diplomatis. “Nah, kalau yang ini nanti kita tunggu saja di Indo Defence. Jangan sekarang ya, hehe,” ujarnya. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *