Pasukan Rusia menangkap ambulans lapis baja langka FV104 Samaritan Inggris yang digunakan Ukraina

FV104 SamaritanIstimewa

AIRSPACE REVIEW – Kementerian Pertahanan Rusia telah mengungkapkan penangkapan ambulans lapis baja FV104 Samaritan buatan Inggris yang dibeli untuk Angkatan Darat Ukraina di daerah Novomykhailivka.

Informasi yang diterbitkan pada 18 Mei tersebut, menjelaskan bila FV104 Samaritan ditangkap oleh brigade senapan bermotor kelompok pasukan Vostok.

FV104 Samaritan merupakan salah satu varian paling langka dalam keluarga kendaraan tempur lapis baja (AFV) CVR(T) Inggris. Kendaraan ini hanya diproduksi 100 unit dan dilaporkan hanya dua yang digunakan oleh pasukan Ukraina.

Diceritakan, evakuasi ambulans FV104 yang rusak dari medan perang dilakukan oleh personel kelompok evakuasi Vostok dalam kegelapan. Selanjutnya kendaraan dibawa ke unit perbaikan brigade untuk perbaikan dan pemeliharaan jangka pendek.

Setelah diperbaiki, ambulans lapis baja tersebut akan dipamerkan bersama peralatan militer lainnya yang diambil dari Angkatan Bersenjata Ukraina dalam sebuah pameran di Bukit Poklonnaya Moskow.

Sebelumnya, Angkatan Bersenjata Ukraina telah menerima sejumlah varian kendaraan tempur lapis baja (AFV) CVR(T) Inggris sebagai bagian dari upaya bantuan militer yang lebih luas.

Secara khusus, dari informasi terbuka yang tersedia, menunjukkan bahwa Ukraina telah memperoleh dua ambulans FV104 Samaritan di antara 155 unit kendaraan lapis baja Inggris lainnya yang diperoleh melalui berbagai inisiatif sukarelawan dan penggalangan dana.

Kendaraan ini bersumber dari pemilik swasta dan lelang di Inggris, dengan upaya yang dipimpin oleh organisasi seperti Yayasan Amal Serhiy Prytula dan Kongres Dunia Ukraina.

Ambulans beroda rantai ini merupakan bagian dari keluarga Combat Vehicle Reconnaissance (Tracked) atau CVR(T). Dirancang pada awal tahun 1970-an oleh Alvis Vehicles Ltd.

FV104 Samaritan dikembangkan untuk mengangkut tentara yang terluka dari garis depan ke rumah sakit lapangan, menawarkan lingkungan yang aman dan berlapis baja untuk perawatan medis selama transit.

Desain kendaraan berfokus pada mobilitas dan perlindungan, termasuk fitur-fitur seperti perlindungan ranjau, yang memungkinkannya beroperasi di zona tempur dan medan yang berat, memastikan personel yang terluka dapat dievakuasi dengan cepat dan aman.

Dalam hal kemampuan evakuasi medis (medivac), FV104 Samaritan dilengkapi dengan serangkaian peralatan medis, termasuk tandu dan perlengkapan dasar penyelamat jiwa.

Kendaraan dapat membawa hingga enam korban yang dalam posisi duduk atau empat pasien yang harus ditandu, bersama dengan petugas medis dan sopir.

Pelindung kendaraan memberikan perlindungan terhadap tembakan senjata ringan dan pecahan peluru artileri, yang penting untuk menjaga keselamatan personel medis dan pasien selama misi evakuasi.

Selain itu, FV104 Samaritan memiliki desain yang kompak, berdimensi kompak, berukuran panjang 5,07 m, lebar 2,24 m, dan tinggi 2,24 m. Memungkinkannya menavigasi medan yang sulit, bergerak lincah, dan mengimbangi unit garis depan, memastikan waktu respons yang cepat dalam situasi kritis.

Kendaraan berbobot sekitar 8 ton ini ditenagai oleh mesin bensin Jaguar J60 4.200 cc, menghasilkan daya 195 hp. Kecepatan maksimumnya 72 km/jam dan jangkauan operasi sekitar 483 km. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *