Tuntas, Lockheed Martin kirimkan A-1342, pesawat C-130J-30 Super Hercules kelima pesanan Kementerian Pertahanan RI

A-1342Kemhan RI

AIRSPACE REVIEW – Lockheed Martin telah menuntaskan pengiriman pesawat C-130J-30 Super Hercules kelima pesanan Kementerian Pertahanan RI. Pesawat dengan nomor registrasi A-1342 tersebut tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Rabu, 16 Mei 2024.

Setelah menempuh penerbangan dari Amerika Serikat dengan rute Marietta – San Diego – Honolulu – Marshal Island – Guam – Lanud Halim Perdanakusuma dengan diawaki oleh kru dari Lockheed Martin dan kru dari Skadron Udara 31 TNI AU yakni Letkol Pnb Alfonsus Fatma Astara Duta, Mayor Pnb Ulung P, dan Lettu Tek Diky.

Kedatangan pesawat disambut oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya TNI Andyawan Martono Putra. Setibanya di apron usah penyambutan menggunakan water salute, Wakasau mengalungkan selempang batik kepada seluruh kru pesawat A-1342.

Kedatangan A-1342 melengkapi empat pesawat Super Hercules sebelumnya yang telah datang berturut-turut pada bulan Maret, Juni, dan Agustus 2023, serta Januari 2024.

Seluruh lima pesawat C-130J-30 dioperasikan oleh Skadron Udara 31, Wing Udara I, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. Pesawat sebelumnya telah digunakan dalam berbagai misi. Bahkan, A-1340 telah melakukan misi menerjunkan paket bantuan kemanusiaan dari Pemerintah Indonesia untuk rakyat Palestina di Jalur Gaza, tepat 9 April 2024, tepat saat TNI AU berulang tahun yang ke 78.

Hingga saat ini belum diketahui apakah Pemerintah Indonesia akan menambah armada Super Hercules ini atau tidak.

Namun yang sudah pasti adalah dua unit pesawat angkut militer multiperan yang lebih besar, yakni A-400M sudah dipesan dari Airbus Defence and Space dan akan dalam beberapa tahun ke depan untuk menambah kekuatan pesawat angkut TNI AU. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *