Kementerian Pertahanan Rusia kerahkan 23 tank tempur utama T-90M Proryv-3 baru ke Distrik Militer Pusat

T-90M Proryv-3Russian MoD

AIRSPACE REVIEW – Kementerian Pertahanan Rusia pada 15 Mei mengumumkan penambahan 23 tank tempur utama (MBT) T-90M Proryv ke dalam layanan dengan formasi senapan bermotor (motorized rifle) dari pasukan gabungan Distrik Militer Pusat (CMD).

T-90M Proryv-3 adalah versi paling canggih dari seri tank tempur utama seri T-90, yang menggabungkan beberapa peningkatan dibandingkan pendahulunya.

Dilengkapi dengan kanon utama 125 mm 2A46M-4 yang mampu menembakkan amunisi konvensional dan rudal antitank 9M119 Refleks, yang dapat menyerang sasaran hingga jarak 5 km.

T-90M Proryv-3 juga dilengkapi dengan sistem pengendalian tembakan digital otomatis modern yang secara signifikan meningkatkan kemampuan perolehan target, pelacakan, dan keterlibatannya.

Sebagai informasi tambahan, CMD secara resmi dibentuk pada 21 Oktober 2010, merupakan penggabungan Distrik Militer Volga-Ural dan bagian barat Distrik Militer Siberia.

Sejak awal berdirinya, CMD telah menjadi komponen penting dari kerangka militer Rusia yang mencakup dua angkatan bersenjata gabungan Komando Angkatan Udara dan Pertahanan Udara serta berbagai unit lain yang ditempatkan di distrik tersebut.

Selain itu, pangkalan militer ke-201 di Tajikistan berada di bawah yurisdiksi USC Center, juga berada di bawah Distrik Militer Pusat.

Dengan wilayah yang luas, CMD adalah distrik militer terbesar di Rusia berdasarkan ukuran geografis, mencakup 7.060.000 km persegi yang mencakup sekitar 40% wilayah negara.

Berkantor pusat di Yekaterinburg, distrik ini berada di bawah komando Letnan Jenderal Andrey Mordvichev sejak 17 Februari 2023. CMD memiliki sejumlah besar peralatan militer, yang mencerminkan perannya dalam Angkatan Bersenjata Rusia.

Distrik ini mencakup pasukan darat yang signifikan, dengan unit-unit utama seperti Tentara Gabungan Pengawal ke-2 dan Tentara Gabungan ke-41. Dalam formasi ini, peralatan penting mencakup ratusan tank, khususnya model T-72 (T-72BM dan T-72B1).

Selain itu, Divisi Tank Pengawal ke-90 CMD telah dilengkapi dengan tank T-90M Proryv terbaru dan juga akan menerima kendaraan tempur pendukung tank, BMPT Terminator, yang meningkatkan daya tembak dan kemampuan operasionalnya. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *