Ekuador gunakan kendaraan taktis Mbombe 6 untuk patroli perbatasan: Memberantas terorisme dan perdagangan narkoba

Angkatan Darat Ekuador gunakan Mbombe 6Equadorian Army

AIRSPACE REVIEW – Brigade Kavaleri Mekanik Manabí ke-3 dari Angkatan Darat Ekuador baru saja menerima kendaraan lapis baja Mbombe 6 pertamanya. Kendaraan ini diproduksi oleh perusahaan Paramount Group, Afrika Selatan.

Ekuador mengakuisisi MBombe 6 MRAP untuk operasi militer yang bertujuan memerangi kelompok teroris seperti FARC dan organisasi perdagangan narkoba yang beroperasi di sepanjang perbatasan utara.

Mbombe 6 diakuisisi karena kendaraan ini memiliki perlindungan yang kuat terhadap ancaman umum seperti alat peledak improvisasi (IED) dan ranjau antipersonel.

Ancaman-ancaman itu tersebar di sepanjang perbatasan utara Ekuador dan menimbulkan risiko besar bagi personel yang bertugas.

Mbombe 6 menawarkan standar STANAG 4569, memberikan perlindungan level 3, termasuk ketahanan terhadap peluru penusuk lapis baja kaliber 7,62 × 51 mm. Desain lambung berbentuk V mampu menahan ledakan hingga 10 kg setara TNT.

Kendaraan ini ditenagai oleh mesin diesel turbo yang menghasilkan tenaga 450 hp, kecepatan tertingginya 100 km/jam, dan jangkauan operasi 700 km.

Mbomber 6 dengan konfigurasi 6X6 menunjukkan mobilitas yang baik di segala permukaan medan. Kendaraan dapat menampung hingga 11 personel, termasuk pengemudi, komandan, dan sembilan prajurit senjata. Kapasitas muatannya hingga 2.300 kg. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *