Pengamat: Belousov dipilih jadi Menteri Pertahanan Rusia untuk meningkatkan pengadaan senjata dan kontrak pertahanan

Parade sistem persenjataan RusiaSputnik

AIRSPACE REVIEW – Presiden Rusia Vladimir Putin pada 12 Mei berencana mengangkat Andrei Belousov untuk menjadi Menteri Pertahanan Rusia menggantikan Sergei Shoigu yang telah 12 tahun menduduki jabatan itu.

Belousov adalah ekonom top Rusia lulusan Universitas Negeri Moskow yang pernah menjabat sebagai Menteri Pembangunan Ekonomi Rusia dan saat ini menjabat sebagai Wakil Pertama Perdana Menteri Rusia.

Analis militer Vasily Dandykin mengatakan, pemilihan Belousov sebagai Menteri Pertahanan Rusia yang baru oleh Putin, menunjukkan kedekatan keduanya.

“Saya yakin, yang pertama dan terpenting, dia adalah orang dari tim presiden,” ujar Dandykin, pensiunan perwira Angkatan Laut Rusia seperti diwartakan Sputnik.

Ia menambahkan, sebagai Wakil Perdana Menteri Rusia saat ini, Belousov tahu betul masalah yang dihadapi kompleks industri militer Rusia.

Senada dengan Dandykin, pakar militer Rusia dan veteran intelijen militer Rustem Klupov mengatakan bahwa Belousov adalah seorang ekonom ulung dengan kaliber tinggi yang memberikan nasihat kepada negarawan terkemuka Rusia.

“Jika dia ditunjuk sebagai menteri pertahanan, itu berarti ada tujuan ekonomi yang harus diselesaikan,” kata Klupov.

Menurut dia, tugas menteri baru mungkin menyangkut masalah terkait pengadaan senjata dan kontrak pertahanan.

“Gerasimov (Jenderal Valery Gerasimov, Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia) akan menangani operasi militer dan menteri pertahanan akan menangani urusannya sendiri,” tambah Klupov.

Veteran Angkatan Darat Soviet dan Rusia serta jurnalis militer Viktor Litovkin juga menyoroti reputasi Belousov yang mengesankan sebagai seorang sarjana dan ekonom.

Ia mencatat bahwa Belousov juga menaruh perhatian besar pada bidang industri militer dan masalah militer selama kariernya sebagai pejabat pemerintah.

“Sejauh ini tidak ada alasan untuk mempertanyakan keahliannya. Dia adalah orang terkemuka yang memberikan banyak perhatian saat bekerja di pemerintahan terhadap kompleks industri militer dan hubungan antara militer dan industri,” kata Litovkin. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *