Uzbekistan disebut akan membeli dua pesawat C-390 Millennium dari Embraer Brasil

KC-390-EmbraerFAB

AIRSPACE REVIEW – Uzbekistan disebut akan membeli dua pesawat angkut multiperan C-390 Millennium dari Embraer, Brasil. Pemerintah Brasil merilis dokumen yang mengungkapkan pembiayaan penjualan dua jet kargo militer tersebut sedang dipersiapkan.

Uzbekistan merupakan negara di Asia Tengah, pecahan dari Uni Soviet, yang kini melengkapi angkatan udaranya dengan produk-produk selain dari Rusia.

Belum lama ini Tashkent membeli helikopter H125 dan H215 serta pesawat angkut C295, masing-masing dari Airbus Helicopters dan Airbus Defence and Space.

Penjualan dua pesawat pengangkut militer tersebut ke Uzbekistan cukup mengejutkan, sebab sebelumnya Embraer tidak pernah menyebut Uzbekistan sebagai salah satu negara potensial pembeli.

Saat ini Angkatan Udara Uzbekistan mengoperasikan pesawat tempur MiG-29 dan Su-27 serta pesawat angkut An-12, An-26 dan IL-76, yang dibeli dari Uni Soviet (Rusia).

Embraer berhasil memperkenalkan pesawat angkut multiperan C-390 Millennium ke berbagai negara dan penjualan pesawat ini dinilai cerah. Sejumlah negara telah mengakuisisi pesawat ini, termasuk Brasil, Portugal, Hungaria, Asutria, Belanda, dan Korea Selatan.

Embraer C-390 Millennium adalah pesawat angkut militer bertenaga jet berukuran sedang, bermesin ganda. Pesawat dirancang dan diproduksi oleh pabrikan kedirgantaraan Brasil, Embraer. Ini adalah pesawat terberat yang pernah dibuat perusahaan hingga saat ini.

Pengerjaan proyek C-390 dimulai di Embraer pada pertengahan tahun 2000-an, dengan upaya awal berpusat pada turunan konseptual pesawat jet E190 dengan ukuran yang mirip dengan Lockheed C-130 Hercules.

Perusahaan tertarik untuk menggunakan mesin jet turbofan, bukan turboprop. Dukungan untuk usaha ini datang dari pemerintah Brasil dan Angkatan Udara Brasil. Pada Mei 2008, Pemerintah Brasil menginvestasikan R$800 juta (440 juta USD) untuk pengembangan proyek ini.

Pada 14 April 2009, Embraer mendapat kontrak senilai 1,5 miliar USD untuk pembuatan dua prototipe. Pada Paris Air Show 2011, Embraer mengumumkan rencana untuk meluncurkan versi panjang pesawat tersebut sebagai pesawat barang sipil.

Pada tanggal 3 Februari 2015, prototipe pertama dari dua prototipe melakukan penerbangan perdananya. Pada 4 September 2019, pesawat produksi pertama dikirim ke Angkatan Udara Brasil.

Nama resmi C-390 Millennium diumumkan oleh Embraer secara resmi saat Dubai Airshow pada tanggal 18 November 2019 di Dubai, Uni Emirat Arab.

Embraer juga menghadirkan versi pesawat tanker multiperan KC-390 Millennium bagi para pelanggan yang berminat. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *