Parade Hari Kemenangan Rusia, Putin menyatakan tidak akan membiarkan ancaman apa pun: Teknologi Rusia harus selangkah lebih maju

RS-24 Yars berparade dalam Hari Kemenangan 9 Mei 2024Reuters

AIRSPACE REVIEW – Rusia merayakan Hari Kemenangan di Lapangan Merah, Moskow pada 9 Mei 2024. Dalam upacara yang dimeriahkan dengan parade peralatan militer ini, Presiden Federasi Rusia Vladimir Putin menyatakan bahwa Rusia tidak akan membiarkan ancaman apa pun.

Lebih lanjut ia menyerukan bahwa Rusia harus memodernisasi persenjataan militernya sehingga bisa tetap selangkah lebih maju.

“Rusia akan melakukan segalanya untuk mencegah bentrokan global, namun pada saat yang sama kami tidak akan membiarkan siapapun mengancam kami. Kekuatan strategis kami selalu waspada,” kata Putin dalam pidatonya yang disiarkan secara langsung melalui di platform media sosial.

Hal itu, lanjutnya, termasuk dengan membeli peralatan asing jika memungkinkan dan menghindari sanksi internasional jika diperlukan.

Putin mengatakan bahwa para insinyur Rusia bekerja siang dan malam untuk mencoba memperbarui peralatan.

“Teknologi militer modern berubah sangat cepat. Jika kita ingin sukses, kita harus selalu selangkah lebih maju. Musuh kita mempunyai sarana yang cukup modern karena seluruh komunitas Barat bekerja untuk musuh kita,” tandasnya di depan ribuan tentara Rusia, masyarakat, dan undangan termasuk pemimpin lima negara bekas Soviet yakni Belarus, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, dan Turkmenistan, serta para pemimpin Kuba, Laos, dan Guinea-Bissau.

Putin menyatakan bahwa Rusia juga akan mencari solusi dari pasar internasional, dan dia yakin hal itu akan relatif mudah bahkan di tengah sanksi Barat.

“Kami akan mengambil, mengapa menyembunyikannya, apa yang dapat kami temukan di pasar internasional. Meskipun ada kesulitan, kami dapat menemukan banyak hal. Mereka memiliki kegunaan ganda, tiga kali lipat dan untuk keperluan sipil,” ujarnya.

Victory Day atau Hari Kemenangan merupakan hari peringatan yang menandai kemenangan pasukan Uni Soviet dari pasukan Nazi Jerman dalam Perang Dunia II. Hari Kemenangan diperingati setiap tanggal 9 Mei dan menjadi salah satu hari libur yang penting di Rusia.

Dalam pidatonya ini, Putin juga memuji pasukan Rusia yang bertempur di Ukraina dan menuduh elite Barat selalu mengobarkan konflik di seluruh dunia.

Parade Hari Kemenangan Rusia pada 9 Mei 2024 diikuti oleh 9.000 personel militer serta dimeriahkan oleh puluhan kendaraan dan sistem persenjataan. Termasuk di antaranya adalah sistem pertahanan udara jarak jauh S-400 Triumf dan rudal balistik termonuklir antarbenua RS-24 Yars.

Sementara di udara dimeriahkan oleh terbang lintas pesawat gabungan Su-30SM dari tim aerobatik Russian Knights dan MiG-29 dari tim aerobatik Strizhi, serta enam pesawat penyerang Su-25 Frogfoot. Pesawat-pesawat tersebut melepaskan asap berwarna yang menyiratkan bendera Federasi Rusia. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *