Helikopter H-225M Caracal TNI AU berhasil tembus daerah terisolir, distribusikan bantuan dan evakuasi warga korban banjir di Kabupaten Luwu

H225M Caracal TNI AUTNI AU

AIRSPACE REVIEW – Sempat teradang cuaca buruk serta hujan, helikopter H-225M Caracal TNI Angkatan Udara akhirnya berhasil menembus lokasi yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor di Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan pada hari Minggu (5/5).

Helikopter milik Skadron Udara 8 tersebut diterbangkan oleh pilot Lettu Pnb Yogie Pradana dan kopilot Lettu Pnb Ardy Septiantara.

Dalam misi kemanusiaan tersebut, H-225M Caracal membawa bantuan berupa makanan dan obat-obatan seberat satu ton yang akan diberikan untuk masyarakat yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor.

Dalam sehari helikopter H-225M Caracal berhasil membawa bantuan seberat 4 ton yang dibagi menjadi empat sorti.

Tiba dilokasi bencana di Desa Pajang, Tim Pasukan Gerak Cepat (Pasgat) dari Batalyon 466 Kopasgat yang dipimpin oleh Letda Pas Krisna Bayu langsung menurunkan bantuan untuk didistribusikan kepada masyarakat yang berada di lokasi bencana.

Usai mendistribusikan bantuan, H-225M Caracal juga melakukan evakuasi warga masyarakat yang menjadi korban bencana alam tersebut, seperti dilaporkan Dispenau.

Hingga saat ini terdapat 12 desa yang masih terisolir dan terputus akses jalur daratnya di Kecamatan Latimojong.

Kedua belas desa tersebut adalah Tibusan, Lambanan, Buntu Sarek, Pajang, Ulu Sallu, Tolajuk, Rante Balla, Tobaru, Kadundung, Pangi dan Tabang. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *