Ukraina telah menerima 13 ambulans lapis baja Terradyne Gurkha dari Kanada

Terradyne GurkhaTerradyne

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Perusahaan pertahanan asal Kanada, Terradyne Armored Vehicles Inc. telah menyelesaikan pengiriman 13 ambulans lapis baja Gurkha ke Angkatan Bersenjata Ukraina pada 9 November, informasi ini diungkapkan dari laman Facebook Terradyne.

Gurkha ambulans ini dirancang dan diproduksi secara khusus untuk memenuhi persyaratan kompleks dari situasi perang saat ini di Ukraina.

Kendaraan dimaksudkan untuk evakuasi korban luka dari medan tempur ke fasilitas medis terdekat dengan aman dan cepat.

Pengiriman gelombang pertama dari Gurkha ambulans ini sendiri, telah diterima oleh Angkatan Bersenjata Ukraina sejak Oktober 2022 lalu.

Akuisisi 13 unit ambulans lapis baja ini menelan biaya total 3,24 juta euro, dengan dukungan pendanaan dari inisiatif UNITED24 sebesar 248 ribu euro.

Mengenai Gurkha 4×4, kendaraan tempur serbaguna (MPV) ini dibangun di atas sasis Ford F-550 Super Duty 4×4 yang terkenal sangat tangguh.

Kendaraan menawarkan tingkat perlindungan pada B7/STANAG 2, mampu menahan tumbukan peluru senapan serbu dan bertahan dari ledakan ranjau setara dengan 6 kg TNT.

Salah satu fitur penting dari MPV Gurkha ini adalah ban antipelurunya, meskipun bocor dapat terus digunakan hingga mencapai tempat yang aman.

Untuk spesifikasinya, Gurkha memiliki berat sekitar 7.484 kg, berdimensi panjang 6,4 m, lebar 2,5 m, dan tinggi 2,6 m.

Sebagai penggeraknya berupa mesin diesel turbo V8 kapasitas 6.700 cc, menghasilkan daya 330 PS. Kecepatan maksimumnya 130 km/jam di permukaan jalan datar.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *