Tentara Rusia menerima kendaraan lapis baja ringan Plastun-SN berbasis kendaraan sipil

Plastun-SNRussian MoD

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Pertahanan Rusia telah menerima pengiriman 14 kendaraan lapis baja ringan Plastun-SN dari 50 yang dipesan. Selanjutnya kendaraan diserahkan kepada Angkatan Bersenjata Rusia..

Plastun-SN secara resmi diperkenalkan pada pameran Army-2023 yang diadakan di Moskow, kendaraan diproduksi di Novosibirsk, VPK memberitakan (31/10).

Plastun-SN merupakan versi militer dari kendaraan segala medan Plastun sipil, dengan sebutan SN, yang merupakan singkatan dari Spetsialnogo Naznacheniya (Special Purpose).

Sebagai kendaraan multifungsi, Plastun-SN dapat digunakan sebagai kendaraan evakuasi medis, pengintaian hingga berfungsi sebagai platform pembawa sistem mortir 82 mm.

Plastun-SN menawarkan sistem perlindungan lapis baja gabungan yang secara efektif dapat menahan peluru mulai dari 9×19 mm hingga 7,62×39 mm.

Ketika menghadapi ancaman dari atas, kru terlindungi dari kondisi cuaca buruk dengan kanopi kedap air dan rangka yang dapat dilepas.

Namun, desain Plastun-SN yang terbuka menjadikannya berpotensi rentan terhadap ancaman seperti serangan drone bersenjata.

Kendaraan dengan bobot 3,8 ton ini ditenagai mesin bensin Lada kapasitas 1.600 cc yang menghasilkan tenaga 106 ps

Mesin ini memungkinkannya melaju hingga kecepatan tertinggi 50 km/jam. Plastun-SN juga bersifat amfibi, memungkinkan mereka menavigasi rintangan air.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *