Waspada Rusia! Inggris akan pasok Rudal Jelajah Jarak Jauh Storm Shadow ke Ukraina

Tornado membawa rudal Storm ShadowIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace di depan Parlemen Inggris pada hari Kamis mengumumkan akan mengirim Rudal Jelajah Jarak Jauh Storm Shadow ke Ukraina.

Inggris menjadi negara pertama yang akan memasok rudal ini ke Kyiv.

“Hari ini saya dapat mengonfirmasi bahwa Inggris menyumbangkan rudal Storm Shadow ke Ukraina,” kata Menteri Pertahanan Ben Wallace.

Ditandaskan bahwa pengiriman senjata ini untuk memberikan Ukraina kesempatan terbaik guna mempertahankan diri dari serangan Pasukan Rusia, sebagai hak Ukraina.

“Ukraina memiliki hak untuk dapat mempertahankan diri terhadap hal ini dan penggunaan Storm Shadow akan memungkinkan Ukraina untuk memukul mundur pasukan Rusia yang berbasis di dalam wilayah kedaulatan Ukraina,” lanjut Wallace.

Storm Shadow adalah senjata serangan jarak jauh presisi jarak jauh buatan MBDA yang diluncurkan dari udara. Rudal ini dirancang untuk menghancurkan target tetap bernilai tinggi.

Rudal yang dapat dioperasikan dalam kondisi ekstrem ini telah digunakan oleh Angkatan Bersenjata Inggris dan Prancis dalam Perang Teluk, perang di Irak, dan perang di Libya.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan militernya membutuhkan lebih banyak waktu untuk mempersiapkan serangan balasan terhadap Pasukan Rusia.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *