Airbus demonstrasikan kemampuan otonom pengendalian drone dari A310 MRTT

A310 MRTTAirbus

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Airbus UpNext berhasil mendemonstrasikan kemampuan panduan dan kontrol otonom Drone Traget DT-25 dari pesawat A310 Multi-Role Tanker Transporter (MRTT).

Airbus mengatakan, pencapaian ini menandai langkah pertama dalam penerbangan formasi otonom dan kemampuan pengisian bahan bakar udara ke udara.

Demonstrasi ini juga menandai tonggak penting untuk operasi udara di masa depan yang mewakili tim berawak dan tidak berawak.

Untuk mencapai hal ini Airbus mengintegrasikan teknologi Auto’Mate Airbus melalui pesawat A310 MRTT dan sejumlah drone target DT-25 yang berfungsi sebagai pesawat penerima.

Pesawat tanker A310 lepas landas dari Getafe di Spanyol pada 21 Maret, sementara drone target terbang dari Arenosillo Test Center di Huelva, Spanyol.

Usai lepas landas dari tempatnya masing-masing, A310 MRTT mengambil kendali drone dari stasiun darat. Transisi ini memungkinkan MRTT secara mandiri memandu pesawat DT-25 ke posisi pengisian bahan bakar dalam penerbangan yang diinginkan.

Uji terbang dilakukan di atas perairan Teluk Cadiz dan berlangsung sekitar enam jam.

Tes berikutnya untuk teknologi Auto’Mate dijadwalkan pada akhir tahun ini. Pengujian akan berfokus pada penggunaan sensor navigasi berbasis AI dan meningkatkan algoritma untuk penerbangan formasi otonom.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *