Slowakia menghindari pembicaraan dengan Rusia tentang ekspor ulang MiG-29 ke Ukraina

MiG-29 SlowakiaWikipedia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dinas Federal Rusia untuk Kerja Sama Teknik-Militer mengatakan, Kementerian Pertahanan Slowakia telah menghindari negosiasi dengan Rusia mengenai ekspor ulang jet tempur MiG-29 ke Ukraina.

Padahal, kata dinas tersebut, Moskow telah berulang kali mengusulkan untuk menyelesaikan masalah ini dengan cara yang beradab.

“Terlepas dari proposal berulang kali oleh Layanan Federal Rusia untuk Kerja Sama Teknik Militer dan kontraktor Rusia untuk menyelesaikan situasi dengan cara yang beradab, Kementerian Pertahanan Slovakia menghindari negosiasi dan menyelesaikan masalah ini,” kata badan pertahanan tersebut dikutip TASS (31/4).

Ditambahkan bahwa dengan tindakan tersebut, Slowakia tidak hanya melanggar komitmen kontrak tetapi juga aturan kontrol ekspor internasional.

Penjabat Menteri Pertahanan Slovakia Jaroslav Nad mengumumkan pada 22 Maret bahwa spesialis Ukraina sedang melakukan pekerjaan untuk menerima jet tempur MiG-29 yang diserahkan ke Kyiv secara gratis.

Dilaporkan, empat dari 13 jet tempur pertama yang dikeluarkan dari inventaris Angkatan Udara Slovakia tahun lalu telah diserahkan ke Ukraina.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *