Tragis, proyek jet penumpang regional Mitsubishi SpaceJet dihentikan, seluruh prototipenya dihancurkan

Program SpaceJet dihentikan - pesawatnya dihancurkan (1)Istimewa/AR

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pada 6 Februari 2023, dikabarkan Mitsubishi Aircraft Corporation telah menghentikan proyek pesawat SpaceJet karena pasar pesawat regional jet yang tidak pasti akibat wabah COVID-19 yang sempat melanda dunia.

Proyek yang sebelumnya dikenal sebagai Mitsubishi Regional Jet (MRJ) ini diumumkan Juni 2007 dan dimatangkan desainnya pada 2012.

Pesawat yang dibekali dua mesin turbofan Pratt & Whitney PW1000G ini selanjutnya disebut sebagai MRJ70 dan MRJ90 dengan kapasitas penumpang untuk 70-90 orang.

Penerbangan perdana prototipe MRJ90 sukses dilakukan pada 11 November 2015. Pada Juni 2019, Mitsubishi Aircraft Corporation mengganti nama MRJ dengan SpaceJet.

Selanjutnya, pesawat MRJ90 mendapatkan nama baru sebagai M90 dan varian berbadan lebih pendek MRJ70 menjadi M100.

Karena pengujian penerbangan memakan waktu lebih lama dari yang diharapkan, jadwal masuk ke jalur produksi dan penyerahan ke pelanggan pun tertunda.

Berlarut-larutnya pengembangan dan memakan biaya tambahan, akhirnya proyek SpaceJet dihentikan pada Oktober 2020 dan kemudian dibatalkan sama sekali pada Februari 2023.

Tragisnya delapan prototipe yang telah dibangun (tujuh M90 dan satu M100) dihancurkan, tak menyisakan pesawat yang menjadi kenangan untuk di museumkan.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *