KRI REM-331 hadir di Latma Multinasional Excercise AMAN 2023

KRI REM-331_tnial_US Navy

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Salah satu kapal perang TNI AL, KRI Raden Eddy Martadinata-331 (REM-331) tengah mengikuti ajang bergengsi yakni Latihan Bersama (Latma) Multinasional Exercise AMAN 2023.

Latihan yang dilaksanakan dua tahun sekali ini akan digelar pada 9-4 Februari 2023 di Karachi Pakistan dan Perairan Utara Laut Arab.

Latma Multinasional Exercise AMAN 2023 merupakan kegiatan berskala internasional yang diselenggarakan oleh Pakistan Navy (Pak Navy) dan merupakan momen pertemuan angkatan laut yang bersifat multinasional..

Mengenai KRI REM-331, merupakan kapal PKR (Perusak Kawal Rudal) SIGMA 10514 pertama yang dibangun di galangan kapal dalam negeri PT PAL Indonesia, bekerja sama dengan perusahaan kapal Belanda Damen Schiede Naval Ship Building (DSNS).

KRI R.E. Martadinata-331 menjadi kapal kelima yang menerapkan teknologi SIGMA. Kapal ini memiliki dimensi panjang, 105 m, lebar 14 m dan mampu melaju hingga kecepatan maksimum 28 knot.

Kapal fregat kombatan ini didesain untuk menjalankan berbagai misi yaitu peperangan anti kapal permukaan, peperangan anti kapal selam, peperangan anti serangan udara, serta peperangan elektronika.

Untuk persenjatannya, KRI REM-331 dilengkapi dengan meriam utama OTO Melara 76 mm Super Rapid Gun dan rudal Exocet MM40 Block 3 yang jarak jangkaunya bisa mencapai 180-200 km.

Kapal juga dilengkapi dengan rudal antiserangan udara Mica dengan jangkaun tembak 20-25 km dengan ketinggian hingga 9.000 m. Terdapat juga meriam Close In Weapon System (CIWS) Millenium 35 mm untuk menangkis serangan udara serta ancaman permukaan jarak dekat.

Untuk menghadapi kapal selam, KRI REM-331 dipersenjatai dengan torpedo ringan A 244S yang mempunyai kemampuan khusus mengincar sasaran di perairan dangkal.

Terdapat juga rudal terma SKWS DLT 12 T yang mampu membelokkan arah rudal, mengacaukan sensor rudal, mengacaukan jammer hingga mengecoh infra merah dan frekuensi radio yang digunakan rudal udara ke permukaan.

Dibagikan buritan KRI REM-331 terdapat helipad dan hanggar yang dapat menampung dua helikopter kelas medium berbobot total 10 ton.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *