Guyana berniat membeli dua pesawat Dornier 228 buatan HAL India

HAL Dornier 228HAL

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Presiden Guyana Dr. Mohamed Irfaan Ali telah menyetujui pembelian dua pesawat Dornier Do 228 dari Hindustan Aeronautics Limited (HAL) Kanpur, India untuk digunakan oleh Angkatan Pertahanan Guyana (GDF).

Selama kunjungan tujuh harinya ke India, Presiden Guyana menyempatkan diri untuk mengunjungi Divisi Pesawat Transportasi HAL dan berbincang dengan para insinyur di pabrik pesawat tersebut.

GDF saat ini mengoperasikan 24 pesawat sayap tetap dan 24 helikopter.

Dornier 228 rencananya akan digunakan untuk pergerakan pasukan dan perbekalan, patroli maritim, dan transportasi VIP di negara Amerika Latin tersebut.

Pesawat bermesin ganda turboprop Dornier 228 dibangun oleh HAL sebagai pesawat patroli maritim multimisi untuk Angkatan Bersenjata India dan Penjaga Pantai India.

Dornier 228 merupakan pesawat utilitas STOL twin-turboprop. Pesawat ini pertama kali diproduksi oleh Dornier GmbH (kemudian menjadi DASA Dornier, Fairchild-Dornier) Jerman pada kurun 1981-1998.

Sebanyak 245 Do 228 telah dibangun di Oberpfaffenhofen, Jerman.

Pada tahun 1983, Hindustan Aeronautics Limited (HAL) membeli lisensi produksi pesawat ini dan memproduksi sebanyak 125 unitdi Kanpur, Uttar Pradesh, India.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara India juga telah mengeluarkan sertifikat tipe Dornier 228 produksi HAL untuk penggunaan sipil.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *