Belanda pertimbangkan untuk memasok jet tempur F-16 ke Ukraina

F-16 Belanda - RNLAFRNLAF

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Menanggapi permintaan berulang-ulang dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengenai jet tempur canggih untuk berperang melawan Rusia, pemerintah Belanda mulai mempertimbangkan untuk memasok jet tempur F-16 ke Kyiv.

Dalam debat parlemen pada hari Kamis, Menteri Luar Negeri Belanda Wopke Hoekstra mengatakan, Kabinet akan mempertimbangkan permintaan semacam itu dengan pikiran terbuka.

Hoekstra menyatakan, tidak tabu untuk mengirimkan peralatan tempur regular ke Ukraina.

Sementara itu di Davos, Menteri Pertahanan Belanda Kajsa Ollongren juga mengatakan bahwa Belanda bersedia membantu membayar tank Leopard 2 modern yang dikirim negara lain ke Ukraina.

“Itu pasti sesuatu yang ingin kami lakukan,” katanya dikutip Bloomberg.

Anggota parlemen Sjoerd Sjoerdsma meminta Kabinet untuk memasok F-16 dan kendaraan tempur infanteri ke angkatan bersenjata Ukraina.

Hal ini untuk membendung kemungkinan Rusia akan melancarkan serangan yang lebih besar terhadap Ukraina.

Angkatan Udara Kerajaan Belanda saat ini sedang menonaktifkan armada jet F-16A/B secara bertahap untuk digantikan oleh 52 pesawat tempur siluman F-35A.

Dua belas pesawat tempur F-16 Belanda telah dijual ke Draken International, sebuah perusahaan swasta yang berbasis di AS. Kontraktor swasta ini menyediakan pelatihan realistis untuk pilot pesawat tempur.

Selama pidatonya di KTT Ramstein-8 di Jerman pada 20 Januari, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak negara-negara mitra untuk memberikan rudal jarak jauh dan jet tempur F-16 kepada Ukraina, lapor Sky News.

Namun, negara-negara sekutu masih belum mau memasok jet tempur F-16 karena harus sepersetujuan dari Amerika Serikat sebagai negara pembuat pesawat tempur itu.

Pemerintahan Biden sendiri awalnya enggan memberikan bantuan dari sisi pesawat tempur.

Namun demikian, pada Juli 2022 DPR AS telah mengalokasikan 100 juta USD untuk melatih pilot-pilot Ukraina untuk menerbangkan pesawat tempur AS, tanpa disebutkan tipe pesawat yang digunakan.

Apakah AS akhirnya juga akan memasok jet tempur F-16 ke Ukraina? Mari kita nantikan…

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *