BAE Systems produksi ratusan kendaraan Arktik untuk Inggris, Swedia, dan Jerman

BvS10 - Kendaraan Segala MedanIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – BAE Systems telah mengumumkan bahwa Inggris, Swedia, dan Jerman telah mencapai kesepakatan untuk membeli 436 kendaraan segala medan BvS10.

Pengadaan bersama, senilai 760 juta dolar AS ini untuk mendukung operasi militer di wilayah Arktik dari program Collaborative All-Terrain Vehicle (CATV).

Akuisisi tiga negara akan mengirimkan 436 kendaraan mulai tahun 2024.

Rinciannya 60 unit ke Kementerian Pertahanan Inggris, 236 unit ke Administrasi Materiel Pertahanan Swedia (FMV), dan 140 unit ke Kementerian Pertahanan Federal Jerman (BAAINBw).

Pengadaan BvS10 ini mencakup berbagai varian seperti untuk transportasi pasukan, angkut logistik, evakuasi medis, pemulihan, serta komando & kontrol.

Sedari awal, BvS10 dirancang untuk operasi di lingkungan paling keras dan paling terpencil di wilayah bersuhu ekstrem sekalipun.

Kendaraan dapat melintasi salju atau lapisan es, cadas, pasir, lumpur atau rawa, serta lingkungan pegunungan yang curam.

BvS10 juga berkemampuan amfibi alias dapat berenang di permukaan air.

Saat ini kendaraan multifungsi BvS10 telah dioperasikan oleh militer dari Eropa Barat yakni Inggris, Austria, Perancis, Belanda, dan Swedia.

Calon pengguna lainnya adalah Amerika Serikat yang memesan varian Beowulf sebanyak 110 unit untuk program Cold Weather All-Terrain Vehicle (CATV) AD Amerika Serikat.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *