Warga Ukraina kumpulkan dana patungan 10 juta dolar dalam 24 jam untuk beli drone kamikaze

Ram II kamikaze droneDEVIRO

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Hampir 10 juta dolar dana patungan telah dikumpulkan dalam 24 jam dari warga Ukraina untuk membeli amunisi berkeliaran, yang dikenal sebagai drone kamikaze, untuk Angkatan Bersenjata mereka.

Ribuan orang Ukraina telah bekerja sama untuk membeli seribu drone kamikaze canggih untuk pasukan Ukraina setelah serangan rudal Rusia terhadap sasaran sipil di kota-kota di seluruh negeri pada 10 Oktober lalu.

Menurut Serhiy Prytula, yang berinisiatif mengorganisir penggalangan dana, akan tersedia 50 drone Ram II pada tahap awal pembelian, termasuk dengan tiga stasiun kontrol (GCS).

“Kami telah mengumpulkan 9,6 juta dolar! Terima kasih, orang Ukraina yang murah hati dan mulia! Kami akan memastikan dana ini digunakan dengan baik untuk mendukung Angkatan Bersenjata kami secara efektif,” kata Prytula, seperti dikutip dari Defence Blog.

Drone Ram II ini dirancang dan dibangun oleh perusahaan Ukraina, DEVIRO, yang lebih dari dua dekade memiliki pengalaman dalam teknologi UAV, senjata dan perangkat peledak.

Sebagai drone kamikaze, Ram II dilengkapi dengan muatan bahan peledak 3 kg dan dirancang untuk menyerang target darat statis dan dinamis.

Drone kamikaze ini bergerak dengan kecepatan hingga 70 km/jam dengan lama penerbangan 55 menit dan jangkauan hingga 30 km.

Jika gagal mendapatkan sasaran, drone kembali ke pangkalan dengan sendirinya dan mendarat dengan parasut.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *