Pangkoopsud I serahkan jabatan Danlanud Halim kepada Kolonel Pnb Adrian Damanik

Penyerahan Jabatan Danlanud Halim kepada Kol Pnb Adrian DamanikPenlanud Halim

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) I Marsma TNI Bambang Gunarto menyerahkan jabatan Komandan Lanud (Danlanud) Halim Perdanakusuma kepada Kolonel Pnb Adrian P. Damanik.

Upacara penyerahan jabatan dilaksanakan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Selasa, 20 September.

Pejabat baru Kolonel Pnb Adrian Damanik merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1995.

Sebelum menjabat sebagai Danlanud Halim, ia menjabat sebagai Kapuskodal Koopsudnas.

Pangkoopsud I dalam amanatnya menyatakan, keberadaan Lanud Halim Perdanakusuma sangat strategis karena terletak di jantung ibu kota negara yang sekaligus merupakan pusat pemerintahan serta pintu gerbang tamu-tamu negara VIP/VVIP dari dalam negeri maupun mancanegara.

“Dengan posisi strategis tersebut, menjadikan setiap pejabat di Lanud Halim Perdanakusuma dituntut untuk memiliki kepekaan dan komitmen yang tinggi,” ujar Pangkoopsud I.

Lanud Halim Perdanakusuma, lanjut Pangkoopsud I, sudah tidak diragukan lagi dalam keterlibatan di berbagai pelaksanaan operasi, baik Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dalam menjaga kedaulatan NKRI, dengan menggunakan alutsista yang dimiliki, termasuk Skadron VIP/VVIP.

“Dengan berbagai keberhasilan yang sudah diraih selama ini, saya harapkan keberadaan Lanud Halim Perdanakusuma semakin dapat mengantisipasi beragam tantangan yang dihadapi TNI AU ke depan,” ujar Pangkoopsud I.

Ditambahkan bahwa sebagaimana penekanan Kepala Staf Angkatan Udara, tugas yang dihadapi TNI AU ke depan akan cenderung semakin kompleks dan dinamis sebagai akibat dari perkembangan lingkungan strategis yag terus berubah, baik di kawasan global, regional, maupun nasional.

“Kondisi tersebut perlu diantisipasi dengan visi pertahanan yang tepat, melalui penilaian dan pemahaman yang tajam terhadap persepsi ancaman yang paling potensial yang akan kita hadapi,” lanjutnya.

Ditekankan juga bahwa sebagai pengguna alutsista, Lanud Halim Perdanakusuma harus mampu mengoperasikan alutsista secara optimal, sehingga seluruh tugas yang diemban dapat dilaksanakan dengan baik.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *