Angkatan Udara AS mulai pasang EPAWSS pada armada F-15E

F-15EUSAF/DoD

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Udara AS (USAF) mulai memasang Eagle Passive Active Warning and Survivability System (EPAWSS) pada armada F-15E Strike Eagle untuk menggantikan sistem analog.

Upgrade F-15E dengan sistem buatan BAE Systems ini untuk meningkatkan si Elang dalam kemampuan peperangan elektronik (EW).

Program pemasangan EPAWSS dimulai pada 19 Juli lalu pada pesawat operasional F-15E di fasilitas Boeing di San Antonio.

Boeing sebelumnya telah memasang perangkat keras EPAWSS pada delapan pesawat uji pengembangan F-15 dan sukses memasang sistem ini pada pesawat F-15EX baru di fasilitas produksinya di St. Louis, Missouri.

Dengan penambahan EPAWSS, kata Boeing, F-15 dapat beroperasi di lingkungan ancaman modern dengan latar belakang frekuensi radio yang padat.

Sistem EW yang diperbarui ini meningkatkan kesadaran situasional percontohan dengan kemampuan untuk secara mandiri mendeteksi, mengidentifikasi, menemukan sistem ancaman untuk kemudian menolak, menurunkan, dan mengganggu ancaman tersebut.

Sesuai program yang disetujui pada 23 Juni lalu oleh Sekretariat Angkatan Udara untuk Akuisisi, Teknologi, dan Logistik, sebanyak 43 F-15E akan mendapatkan integrase perangkat keras EPAWSS.

-Jaden-

Foto: USAF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *