Drone tempur Bayraktar, rancangan menantu Presiden Turki

Bayraktar Akinci dan Bayraktar Kizilelma di tengah para pekerja perusahaan BaykarIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Baykar Technologies (Baykar Teknoloji) adalah perusahaan spesialis pembuat drone kenamaan asal Turki yang didirikan oleh Zdemir Bayraktar di tahun 1984.

Saat ini perusahaan dikelola oleh kedua anak Bayraktar Kardeşler (Bayraktar Brothers) yakni Selçuk Bayraktar (menantu dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan) dan adiknya Haluk Bayraktar.

Perusahaan yang sebelumnya dikenal sebagai Baykar Makina ini bermarkas di Istanbul Turki yang diperkuat 2.500 orang karyawan.

Produk paling fenomenal dari Baykar Technologies adalah drone intai serang Bayraktar TB2 yang diminati banyak negara (hampir 30 negara, setengahnya telah mengoperasikan).

Drone TB2 telah teruji dalam palagan seperti Perang Armenia-Azerbaijan dan Perang Rusia-Ukraina, Perang Saudara Libya, dan Perang Saudara Suriah.

Drone terbaru buatan Baykar Technologies adalah Bayraktar Akinci yang baru saja diakusisi militer Turki, kemampuannya jauh lebih kuat dibandingkan kakaknya Bayraktar TB2.

Kini Baykar Technologies tengah menyelesaikan pengembangan drone tempur (UCAV) bermesin jet yang dinamai Bayraktar Kizilelma.

Direncanakan Bayraktar Kizilelma akan menjalani penerbangan pertamanya pada 2023 dan menjalani rangkaian uji coba hingga 2024.

UCAV siluman ini selanjutnya akan digunakan oleh Angkatan Udara Turki dan Angkatan Laut Turki berbasis kapal serbu amfibi TCG Anadolu.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *