Terima tambahan tiga unit, jumlah F-35A Norwegia kini menjadi 37

Tiga F-35A RNoAF pengiriman pertaman di tahun 2022 _ MoD_ Airspace ReviewRNoAF

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Udara Kerajaan Norwegia (RNoAF) telah menerima tambahan tiga unit jet tempur F-35A Lightning II. Ketiga pesawat tiba di Pangkalan Angkatan Udara Orland pada hari Rabu, 24 Agustus 2022.

Pesawat baru yang datang masing-masing bernomor 35, 36, dan 37. Ini adalah pengiriman pertama F-35 untuk Norwegia yang dilaksanakan oleh Lockheed Martin di tahun 2022.

Menurut rencana, Norwegia masih akan menerima tambahan tiga unit F-35 lagi di tahun ini sehingga jumlah yang diterima mencapai 40 unit.

Secara total, Norwegia akan memiliki 52 pesawat tempur F-35 baru. Namun sepuluh unit dari jumlah itu ditempatkan di Amerika Serikat untuk pelatihan pilot F-35 RNoAF.

Sejak pengiriman terakhir pada Desember tahun lalu, Norwegia mencapai beberapa tonggak sejarah dengan F-35, termasuk mengambil alih misi Quick Reaction Alert (QRA) di Evenes mulai Januari 2022.

Pada Februari lalu, dua F-35 Norwegia melaksanakan misi identifikasi pertama mereka dari Evenes.

Pengiriman F-35 ke RNoAF dijadwalkan selesai pada tahun 2025.

Norwegia baru-baru ini juga memesan bom StormBreaker dari AS untuk armada F-35-nya.

Dibangun oleh Raytheon Missiles & Defense, bom tersebut menggunakan kombinasi radar homing gelombang milimeter aktif, panduan laser semi-aktif, homing inframerah, dan panduan inersia yang digabungkan dengan GPS dan tautan data.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *