Rusia tawarkan kit CKD Su-30MKI untuk program Make in India

Fasilitas-Overhaul-Su-30MKI-HAL-di-NasikReddit

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rusia telah menawarkan untuk memasok kit CKD (completely knocked down) pesawat Su-30MKI kepada India untuk mendukung program “Make in India”.

Selain itu, Rusia juga menawarkan kerja sama untuk memodernisasi armada jet Su-30MKI yang ada, termasuk integrasi senjata udara dan avionik terbaru.

Kit Su-30MKI yang ditawarkan merupakan kumpulan suku cadang yang diperlukan untuk merakit suatu produk.

Suku cadang biasanya diproduksi di satu negara atau wilayah dan kemudian diekspor ke negara atau wilayah lain untuk perakitan akhir.

Bentuk umum dari kit ini adalah model CKD, yang merupakan kit dari bagian produk yang benar-benar dapat dibongkar.

Saat ini, program untuk membangun sekitar 271 Su-30MKI untuk Angkatan Udara India (IAF) dengan transfer teknologi penuh telah berhasil dilakukan oleh kedua negara.

Beberapa jet Su-30MKI yang lebih tua membutuhkan modernisasi, khususnya terkait dengan mesin, avionik, dan rudal.

Bahkan setelah kedatangan jet Rafale dari Perancis, Su-30MKI tetap menjadi platform udara yang dominan bagi Angkatan Udara India dan menjadi satu-satunya yang dapat membawa rudal jelajah udara ke darat BrahMos.

CEO Rosoboronexport Alexander Mikheev mengatakan, “Di masa mendatang, efektivitas tempur yang berlaku dari pesawat Rusia akan tetap ada dan peningkatan berkelanjutan dari platform sedang berlangsung.

Su-30MKI menjadi test bed untuk menguji berbagai rudal buatan India seperti rudal udara ke udara Astra dan rudal antiradiasi baru.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *