AS kirim 18 kapal patroli militer sungai ke Ukraina, bagian dari bantuan militer

Small Unit Riverine Craft (SURC)US Navy

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Amerika Serikat telah mengirimkan 18 unit kapal patroli militer berukuran kecil ke Ukraina pada Jumat minggu lalu.

Ini adalah bagian dari bantuan senjata militer dari AS senilai 450 juta USD yang diberikan kepada negara yang sedang mendapat serangan militer dari Rusia tersebut.

Kedelapan belas kapal patroli tersebut terdiri dari 10 kapal Small Unit Riverine Craft (SURC) berukuran 35 kaki (10,6 m), 10 kapal patroli Sea Ark Dauntless berukuran 34 kaki (10,4 m), dan 6 lapal patroli tempur maritim berukuran 40 kaki (12,2 m).

SURC seperti digunakan oleh Korps Marinir AS, dapat mengangkut satu regu infanteri hingga 13 personel untuk mendukung operasi di perairan pedalaman serta dalam berbagai kondisi di laut lepas, seperti diwartakan GlobalSecurity.org.

Fungsi utama dari kapal-kapal patroli militer ini adalah untuk menyediakan mobilitas taktis dan platform senjata di medan sungai.

SURC dapat melaju dengan kecepatan maksimum 40 knot.

Kapal ini ditenagai mesin diesel enam silinder berkekuatan 440 tenaga kuda dan dapat menjangkau jarak 250 mil laut.

Sementara Sea Ark Dauntless, kapal berbahan aluminium ini dapat membawa muatan hingga tujuh ton dengan maksimum daya mesin 850 tenaga kuda.

Kapal-kapal ini sangat umum digunakan untuk perlindungan kekuatan di daerah pelabuhan tempat kapal Angkatan Laut beroperasi, dikutip dari The Drive.

Kemudian mengenai kapal patroli tempur 40 kaki yang dikirim ke Ukraina, tidak dijelaskan.

Namun, kemungkinan besar adalah setipe dengan yang digunakan oleh Komando Sistem Laut Angkatan Laut yang telah membeli enam kapal ini pada tahun 2020 untuk sekutu Pasifik di bawah kesepakatan Penjualan Militer Asing.

Kapal dengan mesin kembar Yanmar 440 HP dan waterjets ini dapat membawa 20 personel terdiri dari enam awak kapal dan 14 personel pasukan.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *