Rumania segera borong 32 F-16 dari Norwegia senilai 473 juta USD

F-16 NorwegiaFly Mag

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pemerintah Rumania telah menyiapkan anggaran sebesar 473 juta dolar AS untuk memborong 32 unit jet tempur F-16AM/BM bekas pakai Angkatan Udara Kerajaan Norwegia (RNoAF).

Kementerian Pertahanan Rumania pada hari Kamis (16/6) mengatakan, dengan akuisisi yang akan segera dilaksanakan ini memungkinkan Angkatan Udara Rumania (RoAF) untuk memensiunkan jet MiG-21 era Uni Soviet yang sudah tua.

F-16 yang akan dibeli dari Norwegia ini, kata Kemhan Rumania, masih bisa digunakan untuk minimal 10 tahun ke depan.

Saat ini Rumania memiliki 17 jet F-16 yang semuanya dibeli dari Portugal.

Sejak Agustus 2020, perusahaan konstruksi dan perbaikan pesawat Aerostar telah menjadi penyedia layanan perawatan dan peningkatan untuk jet tempur F-16 di Rumania.

Presiden Rumania Klaus Iohannis mengatakan pada bulan Februari bahwa Rumania selanjutnya berencana untuk membeli pesawat F-35 dari Lockheed Martin sebagai bagian dari program modernisasi angkatan udara.

Rumania pun telah meningkatkan anggaran pertahanan negara dari 2% menjadi 2,5% dari produk domestik bruto, menyusul invasi Rusia ke negara tetangga Ukraina.

Rumania yang bergabung dengan NATO pada tahun 2004 berencana untuk menghabiskan total 9,8 miliar euro hingga tahun 2026 untuk meningkatkan kemampuan pertahanannya.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *