USAF kirim dua jet tempur F-16 ke pangkalan di Kroasia

F-16_USAFUSAF

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Wing Tempur ke-31 Angkatan Udara AS (USAF) telah mengerahkan dua pesawat F-16 Fighting Falcon ke Pangkalan Udara Pleso ke-91, Kroasia pada 16 Maret 2022.

Kedua pesawat akan mendukung pertahanan kolektif sekutu NATO, Serbia, di Eropa tenggara.

Kerangka kerja Agile Combat Employment (ACE) Angkatan Udara AS Angkatan Udara Eropa-Afrika ini sengaja menggunakan kekuatan tangkas dan kemampuan strategis untuk mengantisipasi ancaman atau agresi melalui gerakan proaktif bersama sekutu dan mitra.

Kedua F-16 tersebut berangkat ke Kroasia melalui Pangkalan Udara Aviano di Italia.

Kedatangan F-16 USAF diumumkan oleh Perdana Menteri Kroasia Andrej Plenkovic. Dikatakan bahwa kedua jet mesin tunggal itu akan tinggal di Kroasia selama beberapa hari demi mendukung keamanan Kroasia.

Sementara itu Komandan USAFE-AFAFRICA Jendral Angkatan Udara Jeff Harrigan mengatakan, kemampuan strategis pasukannya dapat dikerahkan dari sejumlah lokasi dan siap melawan agresi di mana saja dan kapan saja.

“Aliansi dan kemitraan abadi kami di teater Eropa dan Afrika telah memungkinkan penerbang multi-kemampuan kami untuk menjalankan misi kami sebagai kekuatan koalisi yang dinamis,” ujar Harrigian.

Dengan melaksanakan operasi semacam itu di Kroasia, USAF membangun kemampuan sekutu dan mitra di seluruh Eropa tenggara dan meluas hingga ke Laut Mediterania.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *