Rusia ancam Swedia dan Finlandia bila bergabung dengan NATO

Gripen Swedia dan Hornet FinlandiaIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Invasi ke Ukraina belum selesai, Rusia sudah memberikan ancaman yang sama kepada Swedia dan Finlandia apabila kedua negera tersebut bergabung dengan NATO.

Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan Stockholm dan Helsinki tentang “konsekuensi merugian” jika kedua negara Nordik itu tak menuruti perintah Moskow.

Mengenai peperangan yang kini tengah berkecamuk di Ukraina, Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, Presiden Rusia Vladimir Putin kemungkinan akan mengirim delegasi untuk berbicara dengan Kiev.

Delegasi diplomatik Rusia, kata Peskov, termasuk kementerian luar negeri, kementerian pertahanan, dan para pejabat administrasi. Mereka dapat dikirim ke Minsk untuk melakukan pembicaraan dengan delegasi dari Ukraina.

Keputusan ini diambil setelah Presiden Putin sebelumnya menolak tawaran Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk melakukan pembicaraan, dan menuntut agar Ukraina menyerah terlebih dahulu.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov juga menyatakan, Moskow bersedia untuk bernegosiasi dengan Kiev.

Namun ia menekankan, Rusia bersedia untuk melanjutkan negosiasi melalui saluran diplomatik, dengan syarat tentara Ukraina harus meletakkan senjatanya terlebih dahulu.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *