Negaranya diserang Rusia, Su-27 Ukraina malah ‘kabur’ ke Rumania

Su-27 UkrainaVladymyr Vorobiov

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Di saat Ukraina diserang oleh militer Rusia pada Kamis pagi, 24 Februari 2022, sebuah pesawat tempur Su-27 milik Angkatan Udara Ukraina malah ‘kabur’ ke wilayah udara Rumania.

Belum diketahui motif dan tujuan dari penerbangan oleh pilot Ukraina tersebut.

Mengetahui adanya penerbangan tanpa izin (black flight) memasuki wilayah kedaulatan udaranya, Angkatan Udara Rumania pun mengerahkan dua jet F-16 mereka untuk mencegat dan mengidentifikasi pesawat asing yang tak diundang tersebut.

Setelah berhasil medekati dan memantau sasaran dari jarak dekat secara visual, diketahui bahwa itu adalah jet tempur Su-27 Ukraina.

Kedua F-16 Rumania itu pun langsung menggiring Su-27 dan memaksanya untuk mendarat di sebuah pangkalan militer di dekat kota Bacau di Rumania timur.

Kementerian Pertahanan Rumania menyatakan, stelah Su-27 mendarat, pilot jet tempur Ukraina langsung menyerahkan diri kepada pihak berwenang Rumania.

Rumania selanjutnya melakukan investigasi dan akan menerapkan konsekuensi hukum dari insiden tersebut.

Kementerian Pertahanan Rumania mengatakan akan memberikan rincian lebih lanjut dari peristiwa ini.

Ditegaskan, tindakan pencegatan dan force down terhadap pesawat Su-27 Ukraina dilakukan sebagai tindakan pencegahan yang diperlukan berkaitan dengan peristiwa yang sedang terjadi di negara tetangganya itu.

-Poetra-

One Reply to “Negaranya diserang Rusia, Su-27 Ukraina malah ‘kabur’ ke Rumania”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *