Aerosol untuk Sembunyikan Penempatan Pasukan

Aerosol Smokescreen GeneratorLev Fedoseyev/TASS

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Berbagai cara dan taktik digunakan oleh pasukan tempur di medan perang. Salah satunya adalah teknik bagaimana mengelabui atau menutupi pandangan musuh agar pergerakan/penempatan pasukan dan kendaraan tidak diketahui.

Salah satu caranya adalah dengan menebarkan aerosol layaknya sebuah tirai asap putih agar musuh tidak dapat melihat apa yang kita lakukan.

Pasukan Pelindung Biologi, Kimia, dan Radiasi (CBRN) dari Distrik Militer Pusat Rusia menggunakan aerosol dalam latihan mobilisasi infanteri motoris di daerah latihan Chapayev, Samara Region, Selasa (29/10).

TD-3A-aerosol-smokescreen-generator_
Vitaly Kuzmin

Kendaraan khusus yang dilengkapi TD-3 mobile aerosol smokescreen generator digunakan dalam latihan yang melibatkan 500 personel dan 30 jenis kendaraan militer ini.

Penggunaan aerosol cukup efektif. Bayangkan saja, tirai putih ini bisa menutup pandangan sejah dua kilometer.

Aerosol dapat disemburkan secara horizontal maupun vertikal sesuai kebutuhan. Misalnya untuk menutup pandangan terhadap jembatan yang akan digunakan.

Kamaz_TD-3_
Vitaly Kuzmin

Bicara soal kendaraan generator aerosol, KamAZ-5350 Mustang adalah salah satu yang dipilih Angkatan Bersenjata Rusia sebagai basis truk khusus penyembur asap ini.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *